Riaukepri.com - Portal Berita Riau & Kepri

Berita Foto: Syabas, Dalam Semalam Siak Dapat Dua Penghargaan Tentang Anak dari Pusat

Minggu, 23 Juli 2017 - 11:57:20 WIB | Dilihat 66 pengunjung
  1. Senyum lebar Buapti Siak, H. Syamsuar, saat menerima penghargaan

  2. Buapti Siak, H. Syamsuar, menerima penghargaan

  3. Buapti Siak, H. Syamsuar, setelah menerima penghargaan

  4. Buapti Siak, H. Syamsuar, berfoto bersama masyarakat

RiauKepri.com, PEKANBARU - Luar biasa, Sabtu (22/2017) malam Kabupaten Siak mendapat dua penghargaan dari Pemerintah Pusat tentang anak. Penyerahan penghargaan ini dilakukan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, di Co-Ex Mal SKA, Pekanbaru.

Penghargaan pertama yang diperoleh Kabupaten Siak, sebagai Kabupatan Layak Anak (LAK). Penghargaan ini untuk ketiga kalinya, sebelumnya pada tahun 2013 dan 2015 lalu sudah diraih Siak dalam peringkat Pratama. Sedangkan yang ketiga Negeri Istana ini naik tingkat LAK menjadi Madya. Untuk penghargaan ini, ada empat kabupaten/kota lainnya yang juga mendapat penghargaan LAK di malam itu dalam berbagai tingkatan.

Sedangkan untuk penghargaan yang kedua pada tahun 2017 ini, Kabupaten Siak juga menerima penghargaan Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Gratis Anak 2017. Untuk penghargaan kedua ini, di Provinsi Riau hanya Kabupaten Siak yang menerimanya. 

Karena menerima dua penghargaan malam itu, Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, terpaksa dua kali naik panggung. Usai menerima penghargaan, orang nomor satu di Negeri Istana ini langsung diserbu sejumlah hadirin yang minta foto bersama. Bahkan, ada yang memberi salam tiga jari. Salam ini selain dimaknai sebagai salam damai atau cinta, juga diartinya tiga kali Siak Menerima Kabupaten Layak Anak.

Syamsuar pun tersenyum renyah malam itu. Dia tak bisa menyembunyikan rasa bangga atas kerja semua pihak sehingga nama Siak kembali harum di kencah nasional.
"Alhamdulillah. Siak kabupaten layak anak lagi, ini yang sudah ketigaka linya. Tahun 2013 dan 2015 kita juga mendapat kabupaten layak anak dalam predikat pratama, dan karena dua kali kita sudah menerimanya malam ini kita kembali dapat dalam predikat Madya,'' kata Syamsuar.

Penghargaan untuk kategori Madya ini, sambung Syamsuar, lebih tinggi dibandingkan kota-kota lainnya di Provinsi Riau. "Syukur Alhamdulillah mendapat dua penghargaan sekaligus dari pemerintah pusat. Ini memotivasi semangat kami guna meningkatkan perhatian lebih terhadap anak-anak serta memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat. Terimo kasih," ungkap Syamsuar dengan logat Melayu Riau Pesisir.

Sedangkan penghargaan Pemberian Akte Lahir Gratis Anak 2017, jelas Syamsuar, Siak satu-satunya kabupaten di Riau meraih penghargaan tersebut. Penetapan Siak sebagai Kabupaten Penghargaan Cakupan Akta Gratis Kelahiran Anak 2017 berdasarkan Surat Nomor: B.476/Set/KPP-PA/D.IV/04/2017 tanggal 7 April 2017. Dasar Kementerian PPPA memberikan penghargaan ke Kabupaten Siak karena telah menerbitkan Peraturan Daerah terkait Pemberian Akta Kelahiran Gratis dan melaksanakan program-program inovatif dalam upaya percepatan kepemilikan akta lahir.

"Siak dinilai berhasil dalam melakukan inovasi pemberian akte kelahiran gratis dan cepat diterima anak yang baru lahir. Ini semua tak lepas dari kerjasama antara bidan dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), sehingga cepat akte lahir diterbitkan," ungkap Syamsuar. (galery)

Galery Foto Lainnya
Berita Terpopuler
Gambar
Back To Top