Banyak Karya Budaya yang Belum Tercatat, BPNB Kepri Harapkan Ini

Banyak Karya Budaya yang Belum Tercatat, BPNB Kepri Harapkan Ini

06 Agustus 2017 - 08:24:00 WIB | Oleh: Administrator
Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto
RiauKepri.com, TANJUNGPINANG -- Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri, Toto Sucipto mengatakan, pencatatan karya budaya di Kepri masih minim. Sebanyak 79 karya budaya yang tercatat di Kemdikbud, baru 12 karya budaya ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda (WBTB) Indonesia.

"Database Kemdikbud baru tercatat 7.241 karya budaya. Nah, Kepri baru mencatat 79 karya budaya. Dari jumlah itu, baru 12 karya budaya yang ditetapkan menjadi WBTB Indonesia. Masih sedikit sekali," ungkap Toto, Sabtu (5/8).

Di hadapan Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Toto mengharapkan, segala komponen masyarakat, termasuk Karang Taruna aktif melakukan pencatatan karya budaya tak benda. Sebabnya, di Tanjungpinang masih banyak karya budaya yang belum dicatat. 
"Saya contohkan banyak kuliner. Salah satunya epok-epok itu belum dicatatkan. Tanjak juga belum. Jangan kalau negara atau daerah lain mencatat, baru sibuk. Ayo catat dan catat. Formulir pencatatan dan penetapan ada di dinas kebudayaan, juga ada di Kantor BPNB Kepri. Di website kebudayaan Kemdikbud juga bisa diakses," ujarnya.

Karya budaya yang telah ditetapkan jadi WBTB nasional sebanyak 444 karya budaya. Dari Kepri baru 12 karya budaya. 

"Tahun 2017, Kepri usulkan 23 karya budaya. WBTB yang lolos hanya Tarian Bejenjang dari Lingga dan Tari Inai juga dari Lingga," sebutnya.

Pekerjaan rumah bersama bagaimana agar semakin banyak karya budaya Kepri bisa ditetapkan.(RK/DD/BPNB)
Berita Terkait
Berita Terpopuler
Back To Top