Malam Ini, Syamsuar Satu Panggung dengan Presiden, Ini Acaranya

Malam Ini, Syamsuar Satu Panggung dengan Presiden, Ini Acaranya

03 Agustus 2017 - 14:34:00 WIB | Oleh: Redaksi Riau
RiauKepri.com, SIAK--Jika tidak ada aral melintang, malam ini--Kamis (3/8/2017)-- Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, satu panggung dengan Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoem Bachri (SCB), dalam helat Hari Puisi Indonesia (HPI) yang berlangsung di Siak.

Tak hanya sepanggung dengan presiden penyair Indonesia, Syamsuar juga sepanggung dalam membacakan puisi dengan sederet penyair manca negara. Seperti, Rohani Din dari Singapura, Norazimah Abu dari Malaysia, dan Nik Mansour dari Vietnam.

''Pak Syamsuar sudah menyatakan kesiapannya membaca puisi pada malam ini di helat HPI. Rangkaian acaranya, selain pembacaan puisi dari seniman ternama baik dalam negeri maupun luar negeri, juga ada peluncuran buku puisi,'' kata Ketua Rumah Sunting, Kunni Masrohanti, yang dipercaya menyelengara HPI 2017 di Siak.

Syamsuar ketika dihubungi, mengaku sangat bersyukur bisa membacakan puisi bersama seniman-seniman ternama di Indonesia maupun luar negeri. Bagi Syamsuar, membaca puisi pada HPI bukanlah yang pertama kalinya, tahun 2014 lalu dia juga berkesempatan membacakan puisi dalam helat yang sama di TMI, Jakarta.

''Alhamdulillah, tahun ini HPI di Siak. Tentunya hal ini suatu kebanggaan tersendiri bagi Siak. Sebab, kita tau betul bahwa kata-kata punya kekuatan untuk mengubah sesuatu. Bahkan, dari sejumlah pemberitaan yang saya baca, teks Proklamasi dan Sumpah Pemuda adalah puisi. Artinya, negara ini juga dibangun dengan kata-kata yang sakti,'' ungkap Syamsuar.

Dipilihnya Siak sebagai tempat pelaksanaan HPI, kata Kunni, karena pada saat ini sisa-sisa kejayaan Kerajayaan Melayu Islam masih terlihat di Siak dan berdiri megah serta terawat rapai. Dari peningglan ini, bisa direkam dengan kata-kata sehingga catatan sejarah itu tetap terjaga. ''Semuanya seniman sudah melihat peninggalan sejarah itu, kemudian lahirlah puisi yang nantinya dikumpul dalam buku antologi puisi yang akan diluncurkan malam ini,'' ungkap Kunni. (RK1)
Berita Terkait
Berita Terpopuler
Back To Top