Terpilih Menjadi Ketua LAM Tanjungpinang, Raja Hafiz Diharapkan Bisa Begini

Terpilih Menjadi Ketua LAM Tanjungpinang, Raja Hafiz Diharapkan Bisa Begini

06 Agustus 2017 - 13:00:00 WIB | Oleh: Administrator
Raja Hafiz.f.dok
RiauKepri.com, TANJUNGPINANG -- Raja Hafiz dipercaya memimpin Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang periode 2017-2022 dalam musyawarah daerah (Musda) IV, Sabtu (5/7). Ketika pemilihan, dia unggul dibanding Syahrul, satu-satunya pesaing pengganti Wan Rumadi, Ketua LAM Tanjungpinang sebelumnya.

Syahrul yang juga Wakil Wali Kota Tanjungpinang saat membuka secara resmi Musda itu mengatakan, keberadaan LAM merupakan kebanggaan. LAM selama ini sudah banyak berkontribusi untuk kemajuan Kota Tanjungpinang terutama memberikan sumbangsih pemikiran dalam mengangkat harkat martabat masyarakat Melayu di ibukota Provinsi Kepri.

Kepada ketua dan pengurus yang baru, Syahrul berharap dapat menjalankan lembaga ini dengan baik, sehingga nilai-nilai adat istiadat dan budaya Melayu dikekalkan dan bisa memberi manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat.

"Semoga LAM Kota Tanjungpinang dapat menjadi inspirasi dan panutan bagi kemajuan negeri," ujarnya.

Senada itu, mantan Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Wan Rumadi menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, jika selama memimpin lembaga ini ada hal-hal yang tidak berkenan di hati.

"Saya undur diri karena sudah ketuaan dan kondisi kesehatan pun semakin menurun. Pesan saya jagalah LAM ini, mudah-mudahan lembaga ini sukses dengan kepemimpinan yang baru," harapnya.

Pemilihan Ketua LAM Tanjungpinang hanya diikuti dua calon, yakni Syahrul dan Raja Hafiz. Keduanya memenuhi syarat dan kriteria untuk dicalonkan atau mencalonkan yakni pernah menjadi pengurus LAM kabupaten, kota ataupun provinsi. Keduanya juga dianggap paham dan mengerti adat-istiadat dan budaya Melayu.

Proses pemilihan berjalan lancar. Masing-masing pemilik suara memberikan dukungan sehingga akhirnya perolehan suara Raja Hafiz lebih unggul dari Syahrul. Setiap pengurus kecamatan mendapatkan satu hak suara, begitu pula dengang pengurus LAM Provinsi Kepri. Sedangkan pengurus kota mendapatkan dua suara untuk memilih.

Ketua LAM Provinsi Kepri, Abdul Razak mengatakan cara kerja LAM ini didasari dengan adat istiadat. Pemutusan pengurus yang baru nanti berasal dari berbagai latar dan profesi, yaitu pemuka adat, ASN, dan pemuda. 

"Orang-orang inilah nantinya yang akan membangkitkan dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya Melayu di Tanjungpinang Provinsi Kepri," katanya.

Terpilihnya Raja Hafiz sebagai Ketua LAM Kota Tanjungpinang periode 2017-2022 disambut riuh baik dari kalangan pemuka adat, pejabat maupun masyarakat secara luas. Dia mendapat banyak ucapan selamat dan harapan agar LAM semakin berjaya dan benar-benar menjalankan fungsinya sebagai payung bagi budaya lainnya di Tanjungpinang negeri pantun.(RK)
Berita Terkait
Berita Terpopuler
Back To Top