Tiga Lahan di Lubuk Muda Dieksekusi, Ini Kronologisnya

Tiga Lahan di Lubuk Muda Dieksekusi, Ini Kronologisnya

10 Agustus 2017 - 23:22:00 WIB | Oleh: Redaksi Riau
Alat berat saat mengeksekusi.
RiauKepri.com, BENGKALIS--Tiga lahan di Dusun Beringin, Desa Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Pertugas sempat mendapat hambatan namun jalannya eksekusi sesuai dengan rencana semula. Berikut ini kronologisnya;

1.) Berdasarkan surat sita eksekusi perkara perdata Nomor : 17/Pdt.G/2011/PN.BKS Jo Nomor : 14/PDT2013/PTR tanggal 21 Maret 2016 dalam perkara perdata antara Djuli als Yudi als Bok Liong Cs (penggugat) melawan Sidik Cs (tergugat) pada objek lahan di Dusun Beringin, Desa Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis.

2.) Pada hari Kamis tanggal 10 Agustus 2017 sekira pukul 11.00 WIB, telah dilaksanakan kegiatan eksekusi pengosongan lahan di lokasi Dusun Beringin, Desa Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis oleh Pengadilan Negeri Bengkalis.

3.) Eksekusi pengosongan lahan akan dilakukan pada 3 (tiga) bidang tanah yaitu:
A. Lahan Sdr. Ali Iman (tergugat) dengan luas 43.350 M2.
B. Lahan Sdr. Syahril (tergugat) dengan luas 40.000 M2.
C. Lahan Sdr. Sidik (tergugat) dengan luas 29.340 M2.

4.) Sebelum eksekusi dilakukan pada hari Rabu tanggal 9 Agustus 2017 sekira pukul 10.00 wib bertempat di Desa Sumber Jaya Kec. Siak Kecil telah di standbykan. Empat unit alat berat yang akan digunakan untuk eksekusi pengosongan lahan, berupa:
- Hitaci 110 PS warna oren 1 unit
- Hitaci 110 PS warna oren 1 unit
- Kobelco SK 130 HD warna Biru 1 unit
- Kobelco SK 130 HD warna biru 1 unit

5.) Pada hari Kamis tanggal 10 Agustus 2017 sekira pukul 06.00 wib 4 (empat) unit alat berat tersebut bergerak dari Jembatan Siak Empat Desa Sumber Jaya Kec. Siak Kecil menuju lokasi eksekusi yang dikawal langsung oleh pemilik alat Sdr. Alan, dan pada pukul 09.10 wib alat telah tiba dilokasi eksekusi.

6.) Pada pukul 10.00 wib sebelum eksekusi dilakukan telah berlangsung dialog antara Panitera PN Bengkalis dengan pihak/subjek eksekusi sebagai berikut :
- Sdr. Amir Syahrudin, MM (Ketua DPD Pekat IB Bengkalis) meminta agar pelaksanaan eksekusi nya dipertimbangkan janganlah melakukan penebangan semua objek akan tetapi hanya beberapa objek aja secara simbolis.
- Sdr. A Latif Ketua LAMR Kec. Siak Kecil bermohon mengharapkan pelaksanaan eksekusi ditunda, dimana kami masyarakat Desa Lubuk Muda merasa terzolimi oleh putusan hukum saat ini dan telah mengajukan gugatan ke PN Bengkalis melalui kuasa hukum LAMR Prov Riau.
- Sdr. Ade Safrizal Selaku PJ Kades Lubuk Muda menyampaikan lokasi eksekusi saat ini berada di wilayah Desa Tanjung Belit akan tetapi eksekusi dilakukan di Desa Lubuk Muda, berharap agar pihak BPN Bengkalis dihadirkan dan menunjukan sertifikat tanah dan kami siap di lakukan eksekusi. Kalau memang sertifikat tanahnya berada di Desa Tanjung Belit tolong PN Bengkalis melakukan peninjauan ulang.

7.) Panitera PN Bengkalis menyampaikan bahwa ini merupakan tugas negara, sudah ada putusan hukum dan kita harus patuh hukum, kalaupun ada perlawanan dari pihak tergugat melalui hukum tidak menghambat pelaksanaan eksekusi. Sedangkan terkait lokasi Desa Tanjung Belit diputusan dinyatakan berlokasi di Desa Tanjung Belit/Desa Lubuk Muda.

8.) Kabag Ops Polres Bengkalis Kompol Afrizal Asri, Sik menyampaikan bahwasanya kami pihak Kepolisian memiliki tugas pengamanan terhadap putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap. Apabila ada yang melakukan penghalangan atau anarkis maka akan ditindak sesuai dengan proses hukum yang berlaku. Kabag Ops memohon dukungan dan kerjasama yang baik dari pihak/subjek eksekusi atau masyarakat maupun pihak LAMR / LSM Pekat IB.

9.) Dalam kegiatan eksekusi tersebut diatas dihadiri oleh :
- Sdr. A Latip Ketua LAMR Kec. Siak Keci.
- Sdr. Bahtiar Ketua Pekat IB Kec. Siak Kecil.
- Sdr. Ade Safrizal PJ Kades Lubuk Muda/Ketua KNPI Kec. Siak Lecil.
- Sdr. Erwanto Ketua Pekat IB Kec. Bukit Batu.
- Sdr. Zulfan Sekjen LSM Penjara.
- Sdr. Ansori pengurus mesjid / tokoh masya Desa Lubuk Muda.
- Ketua PN Bengkalis Sdr. Sutarno.
- Paniteta PN Bengkalis Sdr. Ikhwan, SH.
- Pengacara pihak penggungat Sdr. Erizal, SH.
- Kabag Ops Polres Bengkalis Kompol Aprizal Asri, Sik.
- Kasat Intelkam Polres Bengkalis AKP Efrinoka, Sik.
- Kasat Sabara AKP Basuki Y.
- Kasat Binmas Polres Bengkalis AKP Selamet Suriadi.
- Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo, SH.
- Kapolsek Bukit Batu Kompol Hendrik.
- Anggota PAM Polres Bengkalis +- 182 personil.
- Personil TNI Koramil Bukit Batu +- 20 personil.
- Satpol PP 2 orang.
- Pihak tereksekusi Sdr. Sidik, Sdr. Ali Iman, Sdr. Syahril dan masyarakat setempat +- 50 orang.

10.) Pukul 10.40 wib saat Panitera PN Bengkalis akan menuju objek eksekusi adanya perlawanan dari pihak/subjek eksekusi dengan melakukan penghadangan, sehingga dilakukan upaya paksa dengan pengamanan dari pihak Kepolisian Polres Bengkalis.

11) Sesampainya di objek eksekusi pada pukul 11.00 wib Panitera PN Bengkalis membacakan putusan eksekusi dan surat perintah eksekusi. Selanjutnya Panitera PN Bengkalis memerintahkan buruh +- 30 orang untuk segera melakukan eksekusi pengosongan lahan dengan menumbangkan tanaman yang berada di objek eksekusi menggunakan alat berat excavator dan mesin potong chansaw pada lahan Sdr. Ali Iman (tergugat) dengan luas 43.350 M2 objek 17.

12.) Pada pukul 11.25 wib dilanjutkan eksekusi pengosongan di objek eksekusi ke 2 (dua) lahan milik Sdr. Syahril (tergugat) dengan luas 40.000 M2 dengan melakukan penumbangan tanaman yang berada di objek eksekusi 18 menggunakan alat berat excavator dan mesin potong chansaw.

13) Pada pukul 12.10 wib dilanjutkan eksekusi pengosongan di objek eksekusi ke 3 (tiga) lahan milik Sdr. Sidik (tergugat) dengan luas 29.340 M2 dengan melakukan penumbangan tanaman yang berada di objek eksekusi 19 menggunakan alat berat excavator dan mesin potong chansaw.

14.) Sampai saat ini kegiatan eksekusi pengosongan lahan di objek eksekusi diatas telah masih berlangsung, situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali.

15.) Eksekusi pengosongan lahan selesai pukul 17.30 wib. (RK1)
Berita Terkait
Berita Terpopuler
Back To Top