Data Penting dalam Pengelolaan Organisasi

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG- Sekretaris Daerah Provinsi Kepri HTS Arif Fadillah mengatakan data memiliki fungsi  yang sangat strategis yakni sebagai dasar untuk membuat suatu perencanaan, dasar untuk membuat keputusan, sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan suatu kegiatan dan sebagai dasar evaluasi suatu kegiatan. Oleh karena itu data sangat penting dalam pengelolaan suatu organisasi atau pemerintahan.

“Data ibarat kompas yang memandu kita dalam pelaksanaan pembangunan. Tanpa data kita tidak dapat membuat perencaan dan implementasi kegiatan dengan tepat sasaran,” kata Arif saat membuka secara resmi acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Pemanfaatan data dan Dokumen Kependudukan dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Tahun Anggaran 2018 di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (17/4).

Baca Juga :  Jaga Potensi Kepri dengan Tata Kelola Hukum yang Baik

Turut hadir pada kesempatan ini Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kepri M Hasbi, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Misni dan Kasubdit Monitoring, Evaluasi  dan Dokumentasi , Direktorat Pengelolaan Informasi Kementerian Dalam Negeri Ir. Lim Anny Miryanti.

Hanya saja menurut Arif seringkali ditemukan  data yang disajikan ke publik khususnya data tentang kependudukan banyak terjadi ketidakseragaraman antara satu instansi dengan instansi lainnya sehingga diragukan keakuratan dan kevalidannya. Padahal dalam konteks pembangunan yang akuntabel, maka akurasi dan validitas data mutlak diperlukan.

Untuk itu dalam mewujudkan pembangunan yang  baik, akuntabel dan berkesinambungan  sesuai dengan cita-cita dan harapan rakyat,   maka  perlu satu data dalam pembangunan.

Baca Juga :  Nurdin Kembali Tekankan Pentingnya Inovasi

“Satu  data ini  sangat penting karena data akan menjadi  dasar dan bahan pertimbangan pemerintah atau stakeholder dalam mengambil suatu keputusan/kebijakan,” ujar Arif.

Kedepan Arif berharap dengan adanya bimtek ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia untuk dapat melayani masyarakat dengan lebih baik dalam hal pelayanan administrasi kependudukan.

“Selamat melaksanakan bimtek, semoga apa yang dipelajari nantinya bisa diaplikasikan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” Ujar Arif.

Sementara itu Ir. Nasril Kabid pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan bimtek ini diikuti oleh seluruh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Jadikan Ajang Perubahan Dan Peningkatan Diri

“Mudah-mudahan dengan pelatihan yang akan diberikan dapat meningkatkan SDM yang dapat lebih baik dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Nasril menjelaskan bahwa pada saat ini, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil telah memfasilitasi ketersediaan data kependudukan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai lembaga yang membutuhkan.

Dengan menggunakan aplikasi data Warehouse, Gubernur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat memberikan Hak Akses kepada lembaga-lembaga yang membutuhkan data kependudukan untuk mendukung tugas dan fungsinya.

“Dengan adanya aplikasi ini diharapkan data kependudukan dapat digunakan sebagaimana mestinya oleh berbagai instansi untuk keperluan pembangunan,” jelasnya.(RK/Humas Kepri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *