Pemkab Inhil Terima Penghargaan APIP dari BPKP

RiauKepri.com, PEKANBARU – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Rudyanto SH MSi menghadiri acara ulang tahun BPKP yang ke-35 sekaligus penerimaan penghargaan APIP dari BPKP, Rabu (30/5/2018) pagi.

Kegiatan yang berlangsung di kantor BPKP Riau Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru tersebut, dirangkai dalam sebuah kegiatan upacara. Bertindak selaku pembina upacara Plt Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim.

Walaupun dalam suasana bulan puasa Ramadhan, kegiatan apel berlangsung khidmat dan rangkaian upacara juga diselingi penyerahan penghargaan satya lencana pada ASN jajaran BPKP Provinsi Riau.

Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan oleh BPKP kepada Pemerintah Kabupaten Inhil tentang telah mencapai kapabilitas APIP dengan kategori level II untuk Provinsi Riau. Penghargaan ini didapat atas kerja keras jajaran Inspektorat Indragiri Hilir.

Baca Juga :  Siak Kenalkan Potensi Wisata Halal di APKASI Otonomi Expo 2019

Tak hanya itu, bersempena dengan hari Ulang Tahun Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ke-35, Inspektorat Kabupaten Indragiri Hilir mendapatkan penghargaan berupa Kapabilitas Aparatur Pengawasan Intenal Pemerintah (APIP) Inspektorat Level 2.

Penghargaan Kapabilitas APIP Level 2 bagi Inspektorat Kabupaten Inhil diterima langsung oleh Pjs bupati Inhil H Rudyanto SH MSi yang diserahkan oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Riau Dikdik Sadikin dan disaksikan Plt Gubernur Riau Drs H Wan Thamrin Hasyim.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Inhil Hj Irianti mengungkapkan, bahwa Kapabilitas APIP level 2 mempunyai makna bahwa Inspektorat telah mampu memenuhi semua elemen kapabilitas APIP level 2 pada Peran dan Layanan, Pengelolaan SDM, Praktik Profesional, Akuntabilitas dan Manajemen Kinerja, Budaya dan Hubungan Organisasi, serta Struktur Tata Kelola dinilai dengan menggunakan pemenuhan pernyataan yang dikembangkan untuk seluruh KPA. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh kapabilitas APIP, maka dikelompokkan ke dalam Level 2 (Infrastructure).

Baca Juga :  Hebat, Dosen Teknik Unilak Raih Gelar Doktor dengan Hasil Cumlaude

Adapun proses pemenuhan pernyataan kapabilitas APIP level 2 sudah dimulai sejak Bulan Desember 2016 melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Fasilitator BPKP kepada seluruh Pegawai Inspektorat Kabupaten Indragiri Hilir, selanjutnya pada bulan Januari 2017 dibuatkan Rencana Aksi (action plan).

Rudyanto dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada BPKP dan Inspektorat Kabupaten Indragiri Hilir beserta jajarannya.

“Mudah-mudahan untuk ke depan bisa kita tingkatkan lagi. Kita berkomitmen untuk membuat Inhil bisa lebih baik, dan mohon dukungan dari semua pihak agar niat baik ini bisa terwujud,” tuturnya.

Baca Juga :  Demi Asmara Mantra, Roby Rela "Berumah" di Kampus

Turut hadir pada kesempatan tersebut para bupati dan walikota se provinsi Riau, perwakilan Forkopimda provinsi Riau serta undangan dan jajaran BPKP provinsi Riau. (Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *