Semarakkan HUT ke-78 RI, Disbudpar Batam Hias Ruangan Kerja dengan Pernik Merah Putih

RiauKepri.com, BATAM – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia segera tiba. Puncaknya, pada 17 Agustus yang akan dirayakan masyarakat seluruh penjuru Tanah Air. Memeriahkan hari kemerdekaan itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam menghias ruangan kerja dengan pernak pernik merah putih.

Kegiatan menghias ruangan ini sudah menjadi kegiatan rutin Pegawai Disbudpar Kota Batam. Bagi Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata menghias ruangan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia bangsa Indonesia dan menghormati para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Serta memberikan semangat bagi Pegawai Disbudpar Kota Batam.

Baca Juga :  Omicron Jangkiti Ratusan Pasien di Batam, Begini Ciri dan Cara Menanganinya

“Kita bikin ruangan semakin cantik dan meriah dengan nuansa merah putih,” katanya, Selasa (1/8/2023).

Selain kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Disbudpar selalu menyambut hari besar lainnya seperti Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru Imlek, dan sebagainya. Ardi juga merencanakan, hari kemerdekaan tahun ini, Disbudpar akan membuat perlombaan seperti kaki bajang, gasing, congkak, dan sebagainya. Jenis permainan rakyat ini, yang termasuk dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

“Kaki bajang mengunakan sepasang kayu atau bambu untuk berjalan. Bambu dibentuk seperti tongkat yang memiliki tumpuan kaki yang terbuat dari kayu,” ucapnya.

Ardi mengharapkan kegiatan tersebut dapat mempererat silaturrahmi sekaligus meningkatkan etos kerja pegawai demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Wali Kota Batam Ingatkan Kedisiplinan ASN hingga Mewujudkan Pemilu Aman dan Damai

“Kami berharap pegawai makin kompak dan solid agar kualitas saat melayani masyarakat, khususnya masyarakat pariwisata, budaya, dan ekraf (ekonomi kreatif) semakin meningkat,” pintanya.

Lanjut Bang Ardi, panggilan akrabnya, menghias ruangan kerja ini, selaras dengan imbauan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kota Batam Tahun 2023, Pemko Batam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut berpartisipasi memeriahkan perayaan tahun ini, yakni dengan memasang bendera merah putih mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2023, memasang dekorasi seperti umbul-umbul, poster, spanduk atau baliho, hiasan.

Baca Juga :  Rudi Dinobatkan Sebagai Best Future Leaders 2023, Sukses Mempercepat Pembangunan Daerah

Kemudian, menyelenggarakan program dan kegiatan di wilayah ataupun di unit kerja masing-masing untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan. Saat peringatan detik-detik proklamasi menghentikan semua kegiatan dan berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan tanggal 17 Agustus 2023 pukul 10.17 sampai dengan 10.20. Penggunaan logo dan tema dapat diunduh melalui tautan http://hutri78.batam.go.id. (RK6)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *