Antisipasi Arus Mudik, Pemkab Siak Beri yang Terbaik

RiauKepri.com, SIAK – Dalam rangka mengawal arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 H/Lebaran 2018 bagi masyarakat pengguna jasa kapal laut, agar terlaksana dengan aman, selamat, tertib dan nyaman sebagaimana slogan Ditjen Perhubungan Laut, PASTINYA! Forkopimda Kabupaten Siak menggelar rapat, Juamt (8/6/2018) di Kantor Bupati Siak.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III  Sungai Pakning melalui Kasubag TU Hani Mamengko pada rapat Forkopimda tersebut mengatakan, untuk  ketersediaan kapal penumpang dianggap cukup dan sudah dilakukan uji kelayakan.

Baca Juga :  Sekda Siak Sebut Bapekam Mesti Paham Tupoksi

“Beberapa waktu lalu kami telah melakukan pengecekan ketersedian kapal sekaligus melakukan uji kelayakan, dan kami nyatakan layak untuk digunakan,” kata Hani Mamengko.

Hani Mameng menambahkan, armada memenuhi persyaratan yang ditentukan, serta aman untuk berlayar, termasuk memastikan tersedianya alat-alat keselamatan, termasuk jumlah penumpang yang tidak boleh melebihi kapasitas.

Hani juga berharap semua instansi terkait mendukung pengamanan mudik lebaran tahun ini dengan harapan berjalan dengan baik dan lancar.

“Area pelabuhan sudah harus steril, artinya penumpang yang masuk sudah harus memiliki tiket, dan tidak boleh ada pedagang yang berjualan di lokasi tersebut,” pintanya.

Baca Juga :  Siak Sri Indrapura, Terkenal Gudangnya Naskah-naskah Melayu Lama

Menurut Hani, pihaknya telah mengajukan pembangunan kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton ke Kementerian Perhubungan. “Mudah-mudahan tahun 2019 bisa terlaksana pembangunan kantor KSOP Kelas II Tanjung Buton,” harap Hani.

Di lain pihak, Kadis Kesehatan Tony Chandra mengatakan, untuk pelaksanaan tes urine bagi supir bus dan kapten kapal di terminal dan pelabuhan pada puncak arus mudik sudah siap.

Selain itu, Dinas Kesehatan menyiapkan 9 dokter jaga, 21 paramedis dan 9 ambulan di 11 titik yang telah ditentukan. Kemudian semua puskesmas buka 24 jam mulai tanggal 8 Juni sampai 23 Juni.

Baca Juga :  LAMR Kutuk Jony Boyok dan Ucap Terima Kasih Kepada Ormas

Rapat Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Siak 2018 tersebut dipimpin oleh Plt Bupati Siak Alfedri. Turut hadir Kajari Siak, Dandim 0303 Bengkalis, Wakapolres Siak, Ketua PN, para Asisten, sejumlah pimpinan OPD, dan Camat. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *