Pusat Dinilai “Selambe,” Embarkasi Haji Riau “Kelabu Asap”

RiauKepri.com, PEKANBARU- Tak kesah. Embarkasi haji di Riau tahun ini kelabu asap alias batal. Pemerintah pusat pun dinilai macam selambe atau tak serius menanggapi aspirasi masyarakat di bumi lancang kuning ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Prvosinsi Riau, Ahmad Hijazi, seperti diberitakan goriau.com, menegaskan, bahwa waktu yang tersisa menjelang pemberangkatan jemaah haji bulan ini tidak akan cukup untuk mewujudkan mimpi para jemaah haji yang ingin memiliki embarkasi haji sendiri tersebut.

Pasalnya, Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim tak kunjung memberikan izin. Apa lagi Pemprov Riau harus segera menyelesaikan persoalan lelang pesawat jika izin keluar dalam waktu yang mepet.

Baca Juga :  Demo Jaga Marwah DS Setia Amanah, Usir Pendatang yang Buat Rusuh

“Jelas lah batal. Dilihat dari waktu saja sudah nggak mungkin lagi. Tanggal 18 Juli sudah pemberangkatan jemaah haji,” kata Sekdaprov Riau, Kamis (5/6/2018).

Ia pun menegaskan, bahwa upaya Pemprov Riau untuk mewujudkan embarkasi haji sudah ditempuh dengan berbagai cara mulai dari memenuhi segala persyaratan yang diminta Kemenag hingga mengadu langsung kepada Presiden RI Joko Widodo. Namun, upaya tersebut tak kunjung menjadi perhatian Menag.

“Sudah ke presiden juga, kami meminta tolong. Tetapi tidak ada hasil,” ucapnya.

Baca Juga :  Unilak Naik Peringkat Sebagai Kampus Swasta Terhijau di Riau Versi Green Matric UI 2023

Secara terpisah, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Wan Thamrin Hasyim, yang semula sudah berjuang habis-habisan untuk mewujudkan terlaksananya embarkasi haji tahun ini pun mulai pesimis lantaran usahanya tak kunjung digubris oleh Menteri Agama (Menang) RI Lukman Hakim.

“Saya sudah pesimis. Embarkasi haji di Riau ini batal karena pemerintah pusat tidak peduli dengan aspirasi masyarakat Riau,” katanya.

Ia menegaskan bahwa dari segi waktu, Pemprov Riau sudah sedari lama mengajukan permohonan embarkasi haji. Bahkan, segala persyaratan yang selalu diminta dan ditambahkan Kemenag pun langsung dipenuhi oleh Pemprov Riau. Hanya saja, apa yang dipenuhi Pemprov Riau tak juga meluluhkan hati Kemenag. Justru, Wagubri menilai Kemenag seakan-akan sengaja mengulur-ukur waktu.

Baca Juga :  Polresta Pekanbaru Amankan 3 Perempuan Positif Narkoba

“Kurang apa lagi? Semua sudah disiapkan. Sampai anggaran untuk biaya transportasi lokal para jemaah haji pun sudah disiapkan. Kalau dari segi waktu tidak ada yang mepet, Kemenag yang terkesan mengulur waktu,” ungkap Wan Thamrin. (RK1)

Sumber: goriau

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *