Begini Cara WargaTambusai Sambut Kemenangan Syam-Edy

RiauKepri.com, PEKANBARU-Secara hitungan cepat, Syamsuar-Edy Nasution terpilih untuk memimpin Riau 5 tahun kedepan, dan bagi masyarakat Tambusai Kabupaten Rokan Hulu hal ini menjadi kembanggaan tersendiri karena kedua pemimpin ini adalah putra terbaik Rokan.

Gubernur Riau terpilih, Syamsuar juga merupakan putra Rokan dari Desa Jumrah di Kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan Edy Afrizal Natar Nasution merupakan putra kelahiran Bengkalis, namun ibu dan ayah serta keluarga besarnya merupakan tokoh yang sangat disegani di Kabupaten Rokan Hulu.

Sebagai wujud syukur masyarakat Tambusai, Rokan Hulu atas tingginya perolehan suara Syamsuar dan Edy Nasution, masyarakat sengaja menggelar acara tepuk-tepung tawar untuk keduanya sekaligus halal bi halal di Taman Alam Mayang, Kota Pekanbaru, Sabtu (7/7/2018) pagi.

Baca Juga :  Kisah Edy Nasution "Terbogel" dan Komitmennya Dampingi Syamsuar

Hanya saja acara itu gubernur Riau terpilih tidak dapat hadir karena dengan waktu bersamaan juga ada acara yang sama yang dilaksanakan oleh masyarakat dari kabupaten lainnya di Pondok Melayu.

Diiringi lagu salawat nabi, jendral bintang satu yang sudah pensiun dini itu bersama istrinya Suti Mulyati, pertama kali ditepuk tepung tawar oleh Azwar Aziz, H Syamsurizal, Damsir Ali, Topan, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya di Kabupaten Rohul.

Tepuk tepung tawar ini sama dengan upah-upah bagi masyarakat Rokan Hulu di Riau. Upacara adat upah-upah yang merupakan akulturasi budaya Tapanuli Selatan dan Riau ini untuk mengembalikan semangat (Tondi) kepada seseorang.

Baca Juga :  Edwar Sanger: Kisah Asap dan Kapten Kapal Melayu

“Hari ini kami berikan untuk Pak Syamsuar dan Pak Edy Nasution agar tetap semangat dan diberikan kesehatan dalam mengemban amanah masyarakat Riau,” kata sesepuh masyarakat Tambusai, Azwar Azis.

Edy Nasution beserta istri berkesempatan melakukan tepuk tepung tawar kepada 11 masyarakat Tambusai di Kota Pekanbaru yang berangkat sebagai Jamaah Calon Haji (JCH).

Halal bi halal dan syukuran dilakukan masyarakat Tambusai, terpilihnya Syamsuar sebagai Gubernur Riau terpilih dan Edy Nasution sebagai Wakil Gubernur Riau terpilih. Dan melepas 11 Jamaah Calon Haji (JCH) warga Tambusai di Kota Pekanbaru. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *