HuKrimPekanbaruRiau

Bawa Penumpang Melebihi Kapasitas, KM Jelatik Diamankan TNI AL

RiauKepri.com, PEKANBARU – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai mengamankan kapal penumpang Jelatik-8 jurusan Selatpanjang-Pekanbaru lantaran membawa muatan melebihi kapasitas. Kapal tersebut diamankan saat KRI Pulau Rusa-726 yang sedang berpatroli di Perairan Kuala Siak, Minggu (9/7/2018) kemarin.

“Dalam pemeriksaan, ada penumpang yang tidak terdapat dalam manifest, di mana jumlah penumpang ada 273 orang tetapi yang tercatat di manfest hanya 113 orang,” kata Danlanal Dumai, Kolonel Laut (E) Yose Aldino, Rabu 11 Juli 2018.

Semestinya Kapal Jelatik hanya berkapasitas 165 orang.  Selain Itu kata Yose, masih ada alat keselamatan yang tidak memenuhi syarat. Padahal sebelum kapal berlayar, nakhoda wajib memastikan bahwa kapalnya telah memenuhi syarat kelaiklautan dan melapor ke syahbandar.

“Alat keselamatan setelah dicek dan di dalami, ada yang tidak memenuhi syarat. Termasuk ada barang-barang yang tidak termasuk dalam manifest,” ungkap Yose.

Pengamanan Kapal Jelatik merupakan bagian dari upaya mengurangi resiko kecelakaan laut yang belakangan menjadi sorotan, bahkan menimbulkan korban jiwa. TNI AL sebagai instansi penegak hukum di laut berkewajiban turut serta menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran di laut dengan meningkatkan patroli dan melakukan tindakan tegas pelanggaran di laut.

“Kita harap ke depan, ini dapat diperbaiki demi keamanan masyarakat yang menggunakan transportasi air,” ujarnya.

Dalam hal ini, TNI AL melaksanakan koordinasi kepada seluruh jajaran KRI yang melintas di wilayah kerja Lanal Dumai dengan Patkamla dan unsur yang dimiliki Lanal Dumai untuk penegakkan hukum di laut.

“Dengan informasi-informasi yang diperoleh dari Unit Intel Lanal kemudian diteruskan ke unsur-unsur patroli untuk ditindak lanjuti, sehingga terjalin sinergisitas yang baik dan pelaksanaan tugas yang optimal di TNI AL antara lanal dengan KRI,” ujarnya.

BACA JUGA :  Sekdakab Inhil Pimpin Upaca Bendera Memperingati Harkitnas

Selanjutnya, kapal diamankan untuk proses penyidikan lebih lanjut dan berkasnya sudah dilimpahkan KRI Pulau Rusa ke Lanal Dumai. Kini kapal sudah ditambatkan di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru.

Tiga orang kru kapal, mulai dari Nakhoda berinisial AR, serta mualim berinisial JL dan KKM berinisial YN diperiksa lebih lanjut. Rencananya, kapal tersebut akan dibawa ke pos Lanal Dumai. (RK9)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *