Jejak Harimau di Pemukiman Meresahkan Warga Kampar

Ilustrasi (net)

RiauKepri.com, KAMPAR– Saat ini warga Koto Tua Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, diresahkan dengan adanya harimau Sumatera (panthera tigris Sumaterae) yang berkeliaran di pemukiman. Meskipun wujud binatang buas dan dilindungi itu belum nampak, namun jejaknya membuktikan bahwa hewan tersebut berkeliaran di pemukiman.

Jejak harimau liar tersebut ditemukan di perkebunan kebun karet milik warga di Desa Koto Tuo. Adanya temuan jejak raja hutan itu, warga sekitar tersebut ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA).

Baca Juga :  Upaya KLHK Dalam Penyelamatan Harimau Sumatera di Tengah Pandemi Corona

“Warga sangat resah dengan adanya harimau. Kita takut kalau suatu saat harimau itu menyerang warga,” keluh Ihsan warga Koto Tua Selasa (10/7/2018).

Sementara staf wilayah II BBKSDA Riau, Salman Yasir, mengatakan, setelah mendapat laporan warga tim langsung turun ke lapangan, melakukan penyisiran di perkebunan karet yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari pemukiman penduduk.

“Dari pengamatan kita memang ada jejak harimau. Kita perkirakan jejak itu seperti harimau sudah berusia dewasa,” ucapnya Salman saat dikonfirmasi.

Dia memperkirakan bahwa harimau tersebut berasal dari hutan yang dekat dengan PLTA XIII Koto Kampar. Untuk itu warga diminta waspada dengan kedatangan harimau.

Baca Juga :  Mantap, Syamsuar Didaulat Mewakili Gubernur se-Indonesia Terima Perpres Vokasi

“Kita perkirakan harimaunya dari hutan dekat PLTA. Kita minta warga waspada, jika menemukan tanda tanda harimau lagi bisa melaporkan ke petugas. Tim kita saat ini sudah di lokasi,” imbuhnya. (RK1/okz)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *