Warga Siak Antusias Ikuti Pawai Ta’aruf MTQ XVIII

RiauKepri.com, PERAWANG- Mengawali helat tahunan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVIII, tingkat Kabupaten Siak yang berpusat di Kecamaran Tualang, digelar pawai ta’aruf Ahad (22/7/2018).

Sejak pukul 09.30 WIB, Bupati Siak, Syamsuar, dan Wabup Siak, Alfedri, didampingi istri masing-masing, melakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda dimulainya pawai taaruf.

Tercatat sebanyak 8.820 peserta pawai dari 14 Kecamatan se Kabupaten Siak, tumpah ruah di jalan lintas Perawang, Tualang itu. Dimulai dengan peserta Kecamatan Siak dengan jumlah peserta 500 orang.

Marching Band Siak yang berdiri tahun 2003 di bawah kepemimpinan Dinas Pemuda dan Olahraga dengan jumlah anggota 80 orang ini berada di barisan terdepan dan memberikan penghormatan kepada tamu dan undangan VIP di depan panggung.

Baca Juga :  Syabas, Unilak dan Pemkab Inhil Lakukan Kerjasama

Marching Band Siak ini memiliki segudang prestasi diantaranya pernah meraih juara 1 music ensable tahun 2014 dan juara 2 Drumline Battle serta juara umum pada ajang Riau Open Marching Band Competition tahun 2015.

Tidak hanya itu, Marching Band Siak ini juga pernah menjadi Runner Up pada tahun 2016 di ajak Sumatera Marching Open Championship dan tahun ini juga akan mengikuti Indonesia Drum Crop Competion 2018 divisi Internasional Class.

Selanjutnya disusul dengan barisan dari Kecamatan Siak yang menampilkan mobil hias miniatur Balai Kerapatan Tinggi Siak. Dimana Balai Kerapatan Tinggi Siak ini merupakan bangunan tempat mengatur segala urusan pemerintah dahulunya.

Baca Juga :  Hebat, Bakal Ada Universitas Pertama di Asia Tenggara di Riau

Balai Kerapatan sebagai kantor Sultan, tempat Sultan ditabalkan serra musyawarah para dewan Menteri Kerajaan dalam rangka mengatur tata pemerintahan kerajaan dan berfungsi sebagai Mahkamah menegakkan keadilan segala perkara, baik perdana maupun perdata, semua bertujuan untuk kemaslahatan umat kerajaan Siak.

Saat ini Balai Kerapatan Tinggi ini bernama Balairung Sri yang berdiri kokoh sebagai saksi bisu bahwa negeri Siak dahulunya menjunjung tinggi tertib administrasi dalam menjalankan roda pemerintahan dan hal ini berlanjut hingga saat ini.

Ketua Panitia Pawai Taaruf, Mahadar menyampaikan total peserta pawai sebanyak 8.820 orang ini terdiri dari Kecamatan Siak 500 orang, Sungai Apit 420 orang, Mempura 350 orang, Bungaraya 350 orang, Kotogasib 340 orang, Sungai Mandau 480 orang, Kerinci Kanan 300 orang, Kandis 530 orang.

Baca Juga :  Sejak Awal, Pemprov Riau Sangat Serius Juangkan Hibah MCC

Selanjutnya Kecamatan Minas dengan peserta 600 orang yang dibuka dengan opera singkat tentang Quran Center yang merupakan program Bupati Siak, Syamsuar yang bakal dibawa ke Provinsi Riau.

Dibarisan selanjutnya Kecamatan Lubukdalam dengan jumlah peserta 300 orang, Pusako 250 orang, Sabak Auh 300 orang, Dayun 600 orang dan 3.500 orang dari Kecamatan Tualang sebagai tuan rumah helat tahunan ini. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *