Begini Cara Siak Menyambut Torch Relay Asian Games 2018

RiauKepri.com, SIAK- Kaya akan nilai kesejarahan dan seni budaya membuat Negeri Istana dipercaya menjadi salah satu destinasi persinggahan Torch Relay Asian Games 2018. Beragam suguhan atraksi seni budaya pun dipersiapkan untuk menyambut Kirab Obor pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Ikon kebanggaan masyarakat Riau Istana Siak Asserayah El Hasyimiyah, di ancang-ancang menjadi pusat kemeriahan Torch Relay Rabu Malam, 1 Agustus 2018 mendatang.

Untuk mematangkan persiapan penyambutan, saat ini berbagai persiapan digesa Pemkab Siak beserta stakeholder, termasuk mengemas iven Torch Relay sebagai ajang promosi wisata Negeri istana ditingkat Nasional dan Internasional.

“Istana Siak menjadi satu-satunya ikon pariwisata di Provinsi Riau yang akan disinggahi rombonan Kirab Api Obor Asian Games 2018. Tentunya kepercayaan pemerintah pusat ini amat membanggakan kita selaku orang Siak. Rugi kalau kesempatan promosi pariwisata ini tidak kita manfaatkan dengan baik” kata Bupati Siak H Syamsuar saat memimpin rapat persiapan penyambutan Torch Relay di Ruang Rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Siak Sri Indrapura Senin (23/7/18) pagi.

Baca Juga :  Obor Asian Games ke Siak Jadi Ajang Promosi Pariwisata

Syamsuar juga menjelaskan, bersempena agenda Kirab Obor Asian Games pekan depan akan banyak tamu berdatangan ke Siak. Hal tersebut kata dia, tentu akan berdampak positif bagi promosi pariwisata daerah.

“Diperkirakan rombongan kirab berjumlah 350 orang, 75 diantaranya wartawan dari berbagai media nasional” sebut Syamsuar.

Iring-iringan kirab dijadwalkan akan melintasi beberapa destinasi popular di Negeri Istana di awal Agustus mendatang. Selain persinggahan torch relay, Negeri Istana memang dikenal memiliki banyak spot wisata sejarah dan kota hijau yang indah untuk dikunjungi.

Baca Juga :  Syabas, Polda Riau Amankan "Cincin Berlian" Seberat 35 Kilogram

“Lewat Torch Relay ini kita ingin memperkenalkan Siak sebagai tujuan wisata sejarah dan budaya terbaik di Riau. Siak juga kaya akan ragam kuliner khas yang lezat. Semuanya bisa dinikmati wisatawan yang datang bersamaan momentum parade obor Asian Games 2018,” ungkap Syam.

Di Siak, torch relay diagendakan melewati sedikitnya 11 destinasi wisata sejarah religi terbaik Negeri Istana. Begitu tiba Rabu Petang di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TSAL) yang indah, rombongan akan disambut di kediaman Bupati Siak Komplek Abdi Praja. Malam harinya para pembawa obor yang terdiri sejumlah pejabat Forkompinda akan dilepas Bupati Siak Syamsuar melewati Jalan Raja kecik menuju halaman Istana Siak untuk puncak acara.

Baca Juga :  Suai, Kemenlu Ajak Riau Promosi Produk Unggulan ke Luar Negeri

Setelahnya, pawai Torch Relay akan dilanjutkan 10 atlet Siak berprestasi diantaranya Karateka cilik dunia Buffon Sinaga, beserta TNI-Polri melewati beberapa situs sejarah eks Kesultanan Siak seperti Makam Koto Tinggi, Tepian Bandar Sungai Jantan, Mesjid Syahabuddin, Makam Pahlawan Sultan Syarif Kasim II, Makam Syekh Abdurrahman, dan Ruang Hijau Tengku Syarifah Aminah, Gedung Daerah SSK II, LAMR Siak, Mesjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Madinatul Ulum, dan kembali ke jembatan TSAL untuk melanjutkan perjalanan kirab ke kota lainnya. (RK1/rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *