Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan Diikuti Antusias Peserta

RiauKepri.com PEKANBARU –  Bertempat di Ball Room Hotel Prime Park Kamis (26/7/2018) perlombaan cerdas cermat Kebudayaan tingkat SLTP se-Provinsi Riau yang ditaja oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang dihadiri dari 12 kabupaten kota se-Riau dengan 48 peserta berjalan lancar dan sportif. Para peserta yang mengikuti perlombaan sangat semangat dan siap melaksanakan perlombaan ini. Hal ini terpancar dari wajah-wajah mereka. Tentunya dengan perlombaan ini dan kesiapan diri mereka akan membawa daerah serta sekolah mereka untuk meraih juara. Bagi perserta yang akan mendapatkan juara, mereka harus bersiap-siap untuk mengikuti ajang cerdas cermat kebudayan tingkat SLTP Nasional yang akan diselenggarakan di Museum Gajah  Jakarta.

Baca Juga :  Find Me

Dalam perlombaan ini ada 3 penyisihan grup dari tiap-tiap penyisihan memiliki 4 grup, masing-masing penyisihan menyisakan 1 juara untuk dipertandingkan kembali melawan dari penyisihan 1,2, dan 3 untuk bertanding di final. Bagi yang tidak lolos di masing-masing penyisihan, dewan juri akan menilai yang terbaik untuk mendapatkan juara harapan. Panitia telah menyiapkan juara harapan sebagai apresiasi untuk peserta yang telah ikut serta dalam ajang ini.

Disela-sela perlombaan, salah satu guru pebimbing dari SMPN 1 Taluk Kuantan Kab. Kuansing mengatakan, dengan lomba ini paling tidak anak-anak semakin mendapatkan pengetahuan tentang budaya. “Mereka semakin tahu dan lebih merasa  memiliki kebudayaan di daerah mereka sendiri, menang atau kalah yang terpenting  sekarang Ilmu Pengetahuan yang mereka dapatkan,” ungkap Lasriani.

Baca Juga :  Tukang Listik Ini Kedapatan Bawa Sabu 5 Kilogram

Sempat ingin mengetahui perasaan para peserta terkait perlombaan ini, Khana’ah Putriandini mengungkapkan “Gugup, bingung dan kurang pede padahal jawaban itu kami sudah tahu, ragu-ragu kami menjawabnya, tapi kami senang bisa bertambahnya ilmu kami. Hari ini jadi pelajaran bagi kami untuk bisa berani lagi,” jelas siswi SMPN 1 Tembilahan, Kab. Inhil ini.

Lain dengan siswa SMPN Bernas Kabupaten Pelalawan yang satu ini. “Babak pertamasangat berat dan gugup, akan tetapi setelah menjawab semua pertanyaan wajib kami semakin percaya diri untuk memenangkan lomba ini. Kami harus menang karena kami mewakili sekolah dan Pelalawan yang telah percaya kepada kami dalam perlombaan ini. Harapan kami bisa kembali mengulang kejayaan Riau serta Pelalawan 2 tahun lalu yang menjuarai tingkat Nasional, Amin,” tegas Rendi Anbhi Ananda Putra dengan semangat.

Baca Juga :  Sedang Berdoa, Imam Masjid di Pekanbaru Ini Kena Tikam

Terpenting mereka para peserta sudah mengembangkan budaya sportif dan berjiwa kasatria dalam berkompetisi. Menang atau pun kalah yang utama mereka sudah berproses

dan mendapatkan Ilmu Pengetahuan tentang Kebudayaan sesuai dengan tema yang diusung “Mewujudkan Insan Muda Cita Budaya”. (Riki)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *