BatamBudayaKepulauan Riau

LAM Tak Boleh Buat Pernyataan Dukung- Mendukung Calon Tertentu

RiauKepri, BATAM- Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam, Dato Sri Setia Amanah, Drs H Nyat Kadir mengingatkan pengurus LAM agar tidak membuat pernyataan politik dukungan terhadap siapapun calon yang maju sebagai anggota legislatif ataupun hal-hal berbau politik lainnya.

“Jangan gunakan LAM untuk membuat pernyataan dukungan untuk siapapun calon anggota legislatif maupun yang berbau politik lainny. LAM itu urus adat, bukan politik,” kata Nyat Kadir dalam sambutannya saat pelantikan pengurus LAM Kecamatan Belakang Padang periode 2018-2023 di Gedung Nasional, Belakang Padang, Sabtu (3/8) siang.

Anggota DPR dari partai NasDem ini mengatakan, LAM merupakan lembaga yang dibentuk untuk melestarikan adat dan budaya Melayu. Jadi, tegas mantan Walikota Batam ini jika LAM digunakan untuk membuat pernyataan dukung-mendukung calon tertentu maka akan hilang khasanahnya.

Pernyataan Nyat Kadir itu terkait maraknya hasutan dan kebencian di media sosial, facebook dan lainnya terkait dukung-mendukung yang berimbas pada konflik dan perpecahan.

” Yang baik- baik kita imbau. LAM itu urus adat atau khasanah, seperti gasing, silat dan tari -tari. Kerjakan shalat lima waktu,” imbaunya.

Untuk itu anggota Komisi 1 DPR itu berharap dengan kepengurusan LAM yang baru dilantik dapat memberi pencerahan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi konflik akibat dukung-mendukung tersebut.

“Kepada pengurus yang baru saja dilantik saya ucapkan selamat berkerja. Pelantikan yang baru saja dilakukan ini diharapkan bukan hanya sekedar seremonial tapi momen pelantikan ini merupakan kewenangan yang dijaga Marwah nya oleh pengurus,” harapnya.

Pelantikan pengurus LAM yang dinahkodai Harun Ismail ini turut dihadiri Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad, Sekdako Kota Batam, Jepridin, Kapolsek Belakang Padang, Danramil dan tamu undangan lainnya. (RK2)

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Serahkan Hak Paten Siak The Truly Malay
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *