HuKrimKepulauan RiauNatuna

Antisipasi Ancaman Kedaulatan NKRI, TNI-AD Perkuat Personil di Natuna

RiauKepri.com, NATUNA- Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo meresmikan Batalyon Komposit 1/Gardapati di Ranai, Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Pada acara peresmian Batalyon Komposit 1/Gardapati dan Alih Kodal Kompi C dan D Yonif Raider Khusus 136/TS juga dilantik Letkol Inf Ahmad Daud Harahap sebagai Danyon.

Pangdam I/BB Mayjen Ibnu Triwidodo mengatakan alasan dibentuknya Batalyon Komposit I/Gardapati guna mencermati gambaran kondisi geografis Kodam I/Bukit Barisan, dihadapkan dengan perspektif ancaman yang mungkin timbul, pimpinan TNI dengan tegas mengambil langkah antisipasi, salah satunya melalui perkuatan militer di pulau Natuna dengan menambah gelar kekuatan satuan TNI, baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

“Keberadaan Komposit 1/Gardapati ini merupakan jawaban dari pembentukan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat urgen dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala nasional maupun internasional,”kata Mayjen Ibnu Triwidodo, dihadapan prajurit dan tamu undangan yang hadir, Senin (6/8/2018), kemarin.

Menurutnya, dengan penambahan gelar kekuatan tersebut diharapkan memiliki efek tangkal terhadap kemungkinan timbulnya ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Disamping itu, Kodam I/Bukit Barisan menyiapkan penggelaran satuan TNI AD dengan kekuatan yang sudah ada, yakni 1 Kodim 0318/Natuna, 1 Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti dan 1 Batalyon Komposit 1/Gardapati yang baru saja diresmikan.

“Berkenaan dengan peresmian Batalyon Komposit 1/Gardapati, saya menaruh harapan besar kepada Danyon bersama seluruh prajurit Batalyon Komposit 1/Gardapati dapat mengemban amanah Pimpinan TNI AD, dalam Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI, khususnya di NATUNA. Batalyon Komposit 1/Gardapati hendaknya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat di sini,”ujarnya.

Baca Juga :  Saling Mendukung untuk Keselamatan dan Kenyamanan

Oleh karenanya, orang nomor satu di Kodam I/Bukit Barisan mengharapkan seluruh prajurit Batalyon Komposit 1/Gardapati senantiasa menjaga disiplin dan tata tertib dimanapun berada serta beradaptasi dengan selalu menjaga adat istiadat dan kearifan lokal yang berlaku di masyarakat Natuna, menjaga soliditas dan sinergitas TNI-POLRI Bersama Aparat Pemerintah beserta seluruh komponen masyarakat Natuna, demi terjaminnya situasi yang kondusif di wilayah Natuna.

Pada acara peresmian tersebut, Pangdam I/BB Mayjen Ibnu Triwidodo juga menyerahkan bantuan dari Kepala Staf TNI-Angkatan Darat (Kasad) dana tanggap Satuan sebesar Rp100.000.000.

Pada kesempatan sama Ketua Persit Kartika Chandera Kirana Daerah I/Bukit barisan NY. Ibnu Triwidodo juga membentukan tingkat kepengurusan Persit Kartika Chandera Kirana cabang XIX Yon Komposit 1 PD I/Bukit Barisan dan penerimaan Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan Ketua Persit Kartika Chandera Kirana Cabang XIX Yon Komposit 1 PD I/Bukit Barisan dari Ketua Persit Kartika Chandera Kirana Daerah I/Bukit barisan kepada Ny. Ahmad Daud Harahap.

Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti, Para Asisten Kodam I/BB, Para Kasi Korem 033/WP, Kasi dari Lantamal IV/TPI, Danlanal Ranai, Danlanud Ranai, Kapolres Natuna, FKPD Kabupaten Natuna, serta anggota TNI Polri dan masyarakat hadir dalam peresmian Batalyon Komposit I/Gardapati dan alih Kodal Satuan Batalyon Komposit I/Gardapati di Natuna tersebut. (r/helmy)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *