BatamBudayaKepulauan Riau

Nyat Kadir: Keberagaman Adat Istiadat Justru Dapat Memperkuat Persatuan

RiauKepri.com, BATAM– Sekitar 50 ibu-ibu yang tergabung dalam Ikatan Ahli Rias Pengantin Kota Batam berdialog dengan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) setempat, Datuk Sri Setia Amanah Drs H Nyat Kadir, di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam, Selasa (7/8/2018) sore.

Dialog terkait upacara perkawinan adat istiadat Melayu itu berlangsung santai dan penuh canda tawa. Tampak yang mendampingi Nyat Kadir sejumlah pengurus LAM, di antaranya Raja M Zen, Firdaus, Diansyah, dan M Zen Nongsa.

Drs Nyat Kadir yang juga anggota DPR RI Dapil Kepri itu mengatakan, dalam adat Melayu banyak cara atau upacara yang dilakukan sebelum seseorang menikah. Tata cara itu di lakukan sampai dengan sekarang ini dan dinilai penting untuk menjaga warisan budaya tidak hilang dimakan zaman yang semakin modern ini.

Menurut Nyat Kadir, setiap suku bangsa di dunia mempunyai adat perkawinan yang berbeda-beda. Namun apapun bentuk keragaman upacara perkawinan adat, pada hakekatnya perkawinan merupakan suatu upacara yang sakral, suci dan religius.

“Kita tidak boleh melarang keberagaman adat-istiadat tersebut. Apalagi Batam yang heterogen, semua suku bangsa ada di sini dengan membawa adat dan istiadatnya masing – masing. Keberagaman itu justru akan memperkuat ikatan persatuan dan Melayu tidak pernah melarang atau pun menolak keberagaman tersebut,” kata Nyat Kadir.

Dalam dialog itu berbagai permasalahan adat istiadat Melayu dikupas, mulai dari tepung- tepung tawar, mandi safar hingga mandi tolak bala. Semua termuat dalam buku yang diterbitkan LAM Kota Batam, yang juga dibagikan kepada peserta dialog.

Untuk lebih jelasnya, kata Nyat Kadir, tata cara perkawinan akan dipraktikkan sehingga para ibu-ibu dapat memahaminya lebih detil. Rencananya praktik pernikahan digelar Selasa, 14 Agustus, di Gedung LAM Batam. (RK2)

Baca Juga :  Nyat Kadir: Bank Harus Beri Kemudahan Pinjaman
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *