Pemkab Bintan Siapakan 17 Ekor Sapi Kurban

RiauKepri.com, BINTAN-Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan akan mengqurbankan 17 ekor sapi pada hari raya Idul Adha 22 Agustus 2018 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Kabag Kesra Setda Kabupaten Bintan Lukman di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Selasa (14/8) pagi. Dikatakannya juga bahwa hewan qurban tersebut didapatkan melalui beberapa OPD yang ada di Kabupaten Bintan.

” Rencananya tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan akan menyiapkan 17 ekor sapi qurban yang dibagikan ke mesjid/mushola di Kabupaten Bintan ” ujarnya

Selain hewan kurban, dirinya juga menuturkan perihal rencana pemerintah daerah yang akan menggelar pawai takbir dan shalat Idul Adha 1439 H di dua lokasi berbeda.

Baca Juga :  PUPR Kota Tanjungpinang Tingkatkan Kemantapan Jalan Sidomulyo Kampung Air

” Rencananya untuk Pawai Takbir Idul Adha 1439 H akan digelar di Tanjung Uban, Kec Bintan Utara sedangkan Shalat Idul Adha di Kota Kijang, Kec Bintan Timur ” ujarnya

Sementara itu, menjelang sepekan Idul Adha 1439 H, Dinas Pertanian Kabupaten Bintan terus melakukan pengawasan dan proses pemeriksaan kesehatan hewan layak kurban yang beredar di Kabupaten Bintan.

Hingga 10 Agustus 2018 saja, setidaknya ada 478 ekor sapi dan 468 ekor kambing stok untuk hewan kurban tahun ini yang dinyatakan sehat. Bahkan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, Supriyono menjelaskan bahwa ada 946 ekor hewan kurban yang diperiksa. Hasilnya, semua hewan kurban yang dipelihara peternak dalam kondisi sehat.

Baca Juga :  PJN Siapkan Dua Agenda Peringati Hari Pers Nasional Tahun 2023

” visitasi hewan ternak untuk kurban kita lakukan guna mencegah beberapa penyakit seperti parasitter ( kecacingan ), penyakit Bovine Viral Dearhea (BVD) serta antisipasi jembrana dari Sapi Bali ” ujarnya

Berikut data hewan kurban yang sudah dilakukan proses pemeriksaan kesehatan dan layak menjadi hewan kurban. Kecamatan Bintan Utara ada 73 ekor sapi dan 45 ekor kambing, Kecamatan Bintan Timur ada 124 ekor sapi dan 71 ekor kambing, Kecamatan Teluk Sebong ada 84 ekor sapi dan 68 ekor kambing.

Baca Juga :  Nurdin Puji Kedewasaan Berpolitik Masyarakat

Selanjutnya Kecamatan Teluk Bintan ada 42 ekor sapi dan 40 ekor kambing, Kecamatan Toapaya ada 104 ekor sapi dan 73 ekor kambing, Kecamatan Gunung Kijang ada 36 ekor sapi dan 115 ekor kambing serta Kecamatan Seri Koala Lobam ada 15 ekor sapi dan 56 ekor kambing.(RK11)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *