HUT ke 73 RI, Pemuda Sungai Guntung Lakukan Restorasi Tugu Proklamasi Kateman

Para pemuda sedang merenovasi tugu

RiauKepri.com, SUNGAIGUNTUNG – Memperingati Hari Kemerdekaan Ke 73 Republik Indonesia, Pemuda Sungai Guntung secara bersama-sama melakukan restorasi tugu proklamasi Kateman yang terletak di Jalan Yos Sudarso ( Dam ) Sungai Guntung. Pengerjaan dimulai pada Kamis (9/8/2018) dan rampung pada Kamis (16/8/2018), tepatnya pada malam 17-Agustus-2018.

Salah satu penggagas kegiatan ini, Hendri Arifin, mengatakan, sebenarnya sudah lama mereka merencanakannya, tapi baru dapat terealisasi bulan ini. “Tugu tersebut tidak terawat dan kalau dilihat di sekitarnya sudah ada yang membuat tempat penimbunan pasir. Jadi jika dibiarkan lama-lama dan tidak dilakukan perbaikan dan pengecatan, bisa jadi timbunan material rumah tersebut bisa mencapai kaki tugu”, jelas Hendri.

Baca Juga :  Bupati Amril Resmi Buka MTQ ke-XXX Tingkat Kecamatan Bukitbatu
Setelah direnovasi

Restorasi yang dilakukan mulai dari pemberian pagar di sekitar tugu, pengecatan, hingga pemasangan bendera merah putih di puncaknya. Semua peralatan didapat dari hasil iuran bersama-sama.

“Rencananya pagar tugu tersebut ingin kami buat lebih luas lagi dan dibuatkan taman-taman kecil untuk memperindah tugu tersebut, namun terpaksa kami buat seadanya karena telah dijadikan tempat timbunan pasir di sekitarnya”, ungkapnya.

Mereka berharap tugu tersebut bisa lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah dan masyarakat sehingga para pemuda dan anak anak bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah Kateman dan keberadaan tugu tersebut. Mereka juga sudah lama mencari info tentang sejarah tugu tersebut, tapi belum juga dapat. (Rls)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *