Masuk Kelender UCI, 13 Tim Dalam dan Luar Negeri Berebut Point di TDSi 2018

Bertarung di Empat Etape

RiauKepri.com, SIAK– Syabas. Tahun 2018 ini perhelatan tahunan Tour de Siak (TDSi) masuk kelender Union Cycliste Internationale (UCI). Sehingga para pembalap sepeda kayuh semakin bersemangat berebut point, dan setidaknya sudah 13 tim baik dalam negeri maupun luar negeri mendaftarkan diri pada perhelatan olahraga pariwisata yang akan berlansung pada tanggal 18 s/d 21 September 2018 mendatang.

Union Cycliste Internationale, adalah induk organisasi internasional olahraga sepeda. Organisasi ini diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC), dan diketahui bahwa organisasi ini bermarkas di Aigle, Swiss.

“TDSi 2018 sudah masuk kalender UCI, berarti pembalap yang ikut pada Tour de Siak mendapat point yang merupakan penilaian dari UCI,” kata Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, Rabu (22/8/1018).

Baca Juga :  Ditutup Syamsuar, Tim Australia Bawa Ratusan Juta Rupiah dari Tour de Siak 2018

Point yang diburu pembalap sepeda kayu ini, nantinya menjadi “modal” bagi atlet untuk bisa ikut ke jenjang ivent yang lebih besar lagi, misalnya olimpiade.

Jauh hari sebelum perhelatan TDSi ini, Dinas Pariwisata Siak yang menjadi penanggungjawab sudah melakukan persiapan dan berkordinasi dengan sejumlah instansi terkait.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Dr H Fauzi Azni, membeberkan bahwa tahun 2018 ini diikuti 13 tim. Rinciannya, 8 tim dari luar negeri dan 5 tim dari dalam negeri. Untuk pelaksanaan etape TDSi 2018, kembali sebanyak 4 etape. Tahun sebelumnya, karena berbagai kendala teknis hanya 3 etape.

“Perubahan etape ini, setelah kita melakukan kajian ulang yang lebih matang. Untuk TDSi 2018 tahun ini sudah masuk dalam kelender UCI sehingga waktu pelaksanaannya kedepan tidak bisa berubah lagi. Karena telah menjadi kalender tetap UCI, sehingga pembalap ikut TDSi telah mendapatkan point dari UCI,” ucap Fauzi Azni.

Baca Juga :  Etape I, Pembalap Australia Kuasai 3 Putaran

Pada TDSi 2017, pembalap Indonesia dari KFC Cycling Bike Team, Muhammad Imam Arifin, berhasil meraih juara pada etape 3 atau seri terakhir. Arifin menjadi yang tercepat dengan menorehkan waktu 01,57,59 detik. Sedangkan pada posisi kedua diraih pembalap asal Malaysia Mohammad Izzad Hilmi Bin Abdul Halul dari Pro Sapura Cycling Team. Adapun di posisi ketiga, juga dari pembalap Malaysia lainnya, Anwar Bin Manan, dari Amskin Team.

Tour de Siak 2017 diketahui diikuti 14 tim. Enam diantaranya tim nasional dan 8 tim internasional. Enam tim nasional tersebut  adalah KFC Bike Team, Perusahaan Gas Negara (PGN) Bike Team, Custom Cycling Club (CCC), Banyuwangi Road Cycling Counity (BRCC), United Bike Kencana (UBK) dan BSP-Siak. Sedangkan delapan tim internasional yakni Kuala Lumpur (Malaysia), Go For Gold (Filipina), Selangor (Malaysia), CCN Cycling Team (Laos), Sapura Cycling Team (Malaysia), PCS Cycling Team (Belanda), VIB Cycling Team (Bahrain) dan UPCT Brunei Cycling Team (Brunei Darussalam). (RK1)

Baca Juga :  Kemari Dilantik, Tekadnya Memperjuang Nasib Anak Melayu

Berikut ini Etape TDSi 2018 di Kabupaten Siak yang akan berlangsung pada tanggal 18-21 September 2018.

Etape I – Siak- Dayun
Etape II – Siak-Bungaraya-Sei Apit-Siak
Etape III- Siak-Dayun-Buatan-Siak
Etape IV- City Race

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *