Buaya Panjang 4 Meter yang Ditangkap di Bengkalis Mati

Buaya muara yang ditangkap warga mati.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Humas BKSDA Riau, Dian Indriani, menyebutkan bahwa buaya muara (crocodylus porosus) yang ditangkap warga Desa Temiang, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, pada Sabtu, 2 September 2018 lalu, sudah mati.

Dia menjelaskan, ketia buaya tersebut ditangkap, warga melaporkan kepada petugas Resort Bukit Batu. Buaya muara beratnya sekitar 350 sampai 400 kilogram dengan panjang 4,2 meter dan berjenis kelamin jantan.

Menyusul laporan warga itu, ucap Dian, petugas segera turun ke lapangan dan akan melakukan evakuasi. Namun saat petugas sampai di lokasi, buaya tersebut telah mati.

Baca Juga :  Tari Zapin Bengkalis Pukau Turis Malaysia dan Thailand

“Saat ini Buaya berada di kantor Balai Besar KSDA Riau untuk dilakukan nekropsi agar dapat diketahui penyebab kematiannya. Rencananya buaya tersebut akan dioffset sebagai sarana edukasi,” ungkap Dian.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masyarakat Desa Temiang melakukan penangkapan secara bersama sama dengan memancing buaya dari tepi sungai.

“Kemarin bersama warga kita menangkapnya dengan melakukan pemancingan. Agak sorean kita berhasil menangkapnya dan membawa ke darat,” ungkap PJ Kepala Desa Temiang Sukadi, Senin (3/9/2018).

Penangkapan tersebut, dilakukan karena warga beberapa hari terakhir melihat buaya ini sering memunculkan diri. Sehingga bikin resah warga yang ingin berangkat ke kebun dan melintas di dekat sungai Dusun Marambai.

Baca Juga :  Hendry Munief : Struktur dan Kader Harus Terus Berkhitmat Untuk Masyarakat

“Agar tidak meresahkan, makannya semalam dilakukan upaya pemancingan dan penangkapan. Kita juga dibantu oleh pawang buaya yang ada sekitar sini,” ucap Sukadi.

Menurut dia, saat ini buaya tersebut masih diletakkan di dekat sungai dalam keadaan sudah diikat. Penangkapan ini sudah disampaikan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

“Kita sudah sampaikan dengan BBKSDA Riau, pagi ini kemungkinan mereka dalam perjalanan untuk menjemput buaya ini dari Pekanbaru,” ujar Sukadi. (RK4)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *