BatamBudayaKepulauan Riau

Nyat Kadir: Adat Istiadat Harus Dilestarikan

RiauKepri, BATAM- Adat istiadat dan budaya harus dijaga dan dilestarikan. Sebab ini adalah identitas, jati diri daerah. Warisan leluhur itu jangan sampai tergerus dan punah.

Pesan moral tersebut disampaikan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam, Dato H Nyat Kadir usai melantik Pengurus LAM di tiga kecamatan yakni Kecamatan Bengkong, Batuampar, dan Lubuk Baja periode 2018-2023 di Golden Prawn, Bengkong, Batam, Senin (10/9) malan.

Nyat Kadir mengingatkan pengurus yang baru dilantik agar tetap memelihara dan melestarikan adat istiadat Melayu agar tidak terkikis zaman.

“Tugas kita memelihara dan melestarikan adat istiadat Melayu. Ini bukan sembarangan tugas. Kita mengambil alih pekerjaan para sultan terdahulu yang sudah meletakan tata cara adat seperti perkawinan, tepuk tepung tawar dan lainnya,” ujarnya.

Anggota DPR ini mengatakan, salah satu yang bisa dilakukan untuk menggali, menjaga dan melestarikan adat budaya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengurus. Melalui berbagai pelatihan, pengurus tersebut akan diberikan pengetahuan lebih luas terkait adat istiadat dan budaya.

“Harus ada pelatihan. Nanti kita diajari bagaimana menggali, mengembangkan dan melestarikan adat budaya Melayu. Contohnya pelaksanaan pesta perkawinan, sangat banyak yang berubah sehingga perlu diawasi dan disempurnakan kembali,” kata politisi Partai NasDem ini.

Di sisi lain, kata Nyat Kadir, Batam memiliki adat dan budaya yang beragam. Keberagaman tersebut harus tetap terjaga dan bisa diwariskan kepada generasi mendatang. Untuk itu semua lapisan masyarakat harus bangga memiliki kekayaan budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebab kekayaan budaya lokal masing-masing suku di Indonesia tidak dimiliki bangsa lain.

“Masing-masing daerah di Indonesia memiliki budaya lokal yang cukup bagus dan menjadi perhatian dunia, serta mampu memberikan konstribusi terhadap daerah itu bila dijaga dan dilestarikan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Kepri Harus Mandiri Pangan

Anggota Komisi V1 DPR itu pun berharap dengan kepengurusan LAM yang baru dilantik dapat menggali, mengembangkan dan melestarikan adat budaya leluhur tersebut.

“Kepada pengurus yang baru saja dilantik saya ucapkan selamat berkerja dan selamat Tahun Baru 1440 Hijriah. Semoga hari ini lebih baik dari hari hari kemarin,” ucap mantan Walikota Batam ini.

Pelantikan pengurus LAM tersebut dihadiri, Sekdako Kota Batam, Jepridin dan tamu undangan lainnya. (RK3)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *