BudayaInternasionalRiauSiakSukan

Mengayuh Asa Tour de Siak Hingga ke Melaka

RiauKepri.com, SIAK–┬áTour de Siak tak sekedar ivent olahraga pariwisata namun jauh dari itu, adalah ajang silaturahmi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Karenanya sebuah asa direnda pada helat ini ke depannya para pembalap sepeda hingga mengayuh pedal sampai ke negeri jiran, Melaka, Malaysia.

Tahun 2018 ini, Tour de Siak adalah yang ke-6 kalinya dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Siak. Hingga iven ini tercatat dalam kelender Union Cycliste Internationale (UCI), dan pada pembukaan, Senin (17/9/2018) malam, di lapangan Siak Bermadah, Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, berharap balap sepeda berskala internasional ini
bisa menyeberang hingga ke Melaka.

Pembukaan Tour de Siak 2018 yang dilakukan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman, malam itu ditandai dengan menepuk kompang dan disudahi dengan penampilan Woi Band.

Alhamdulillah, kata Syamsuar, mulai tahun ini Tour de Siak telah terdaftar secara resmi dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) 2018. Semoga rencana Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya, untuk mengembangkan rute Tour de Siak dengan melintasi Kabupaten dan Kota yang ada di Riau terealisasi.

Selain itu, beragam potensi pariwisata yang ada di Provinsi Riau dapat terangkai dan terpromosikan dalam satu iven yang melibatkan pembalap dari 4 tim dalam negeri dan 9 tim dari luar negeri dengan 16 negara partisipan.

“Para pembalap akan menempuh lintasan balap yang dibagi dalam 4 etape dengan total jarak yang ditempuh para pembalalp dalam Tour de Siak Tahun 2018 ini sepanjang 523,11 km,” kata Syamsuar lagi.

Gayung bersambut, asa Syamsuar ini segendang dan sepenari dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman, agar Tour de Siak menjangkau ke negeri jiran. Pencanangan ini harus dibuat lagi meskipun sebelumnya sudah terpasak niat untuk itu. Karenanya, Gubri meminta agar Dinas Pariwisata Riau memberi data ivent dan objek wisata di negeri bumi lancang kuning ini.

Baca Juga :  Mantap, MPC Pemuda Pancasila Bengkalis Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gratis

“Saya akan menwujudkan harapan Bupati Siak dan masyarakat Riau, menambah rute etape Tour de Siak, tak hanya mengelilingi kabupaten/kota yang ada di Riau namun juga hingga menyeberang ke Melaka,” ungkap gubernur yang biasa disapa Andi Rahman.

Untuk Tour de Siak tahun 2018 ini, rute yang dilalui pada etape I dengan rute Siak-Dayun-Siak berjarak 154,12 km dalam 3 lap, etape II dengan rute Siak-Sungai Apit-Siak berjarak 115,41 km.

Di etape III dengan rute Siak-Koto Gasib-Siak berjarak 161,48 km dalam 2 lap, dan terakhir etape IV yang juga disebut Siak City Race berjarak 92,1 km dalam 6 lap.

“Pada Iven Tour de Siak 2018 ini, teknis pelaksanaannya dilaksanakan dengan penambahan etape ketiga rute Siak-Koto Gasib-Siak dengan jarak tempuh 161,48, sehingga dilaksanakan selama 4 hari,” kata Syamsuar.

Beberapa tim dalam negeri yang ambil bagian dalam Tour de Siak 2018 ini diantaranya ACC (Advance Custom Cycling), PGN (Perusahaan Listrik Negara) Road Cycling Team, KFC (Kentucky Fried Chicken) Cycling Team dan tim kebanggaan kita dari Provinsi Riau, BSP (Bumi Siak Pusako).

Sementara untuk tim asal luar negeri yang akan ikut bertanding diantaranya Trengganu Cycling Team Malaysia, NEX CCN Filipina, Pro Cycling Stats Camboja, Seven Eleven Filipina, Santa George Continental Cycling Team Australia, Kinan Cycling Team Jepang, Go For Gold Filipina, Nice Ethiopia Cycling Project Ethiopia, dan Sapura Cycling Team Malaysia.

“Selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan, ada beberapa tujuan penting yang ingin diraih dari dilaksanakannya iven bergengsi ini, diantaranya memberikan stimulan bagi pertumbuhan dan perputaran ekonomi, mendorong produktifitas penggiat industri kreatif,” kata Syamsuar dalam sambutannya.

Selain itu juga iven ini diharapkan menjadi ajang promosi untuk menarik minat dan kunjungan wisata, melestarikan seni budaya dan kuliner Melayu khas daerah, menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga sepeda.

Baca Juga :  SPBU Bungaraya Nyaris Ludes Terbakar

“Kita ingin memotivasi atlet balap sepeda berbakat, serta menarik perhatian semua pihak berkepentingan terhadap kualitas infrastruktur jalan di Negeri Istana,” ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan seluruh elemen pemerintah daerah, masyarakat, serta seluruh pihak yang terlibat mensukseskan kegiatan ini, diantaranya UCI, PB ISSI, Forkompinda, BUMD, dan dunia usaha untuk kesuksesan dan kelancaran iven Tour de Siak 2018 ini.

“Kepada seluruh pembalap dari tim peserta dalam dan luar negeri, atas nama Pemerintah Kabupaten Siak saya juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding. Marilah kita menjaga kekompakan dan menjunjung tinggi sportifitas selama kegiatan ini berlangsung,” katanya.

Syamsuar juga mengajak pengunjung negeri Istana ini termasuk pebalap untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Negeri Istana, dan gerai-gerai cinderamata yang ada di lokasi Tour de Siak 2018 ini sebagai bentuk dukungan bagi kemajuan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Siak. (RK1/*)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *