Polsek Bukit Batu Ajak Pramuka Saka Bhayangkara Berperan Aktifkan Kamtibmas dan Tertib Lalu Lintas

RiauKepri.com, BUKITBATU – Jajaran Polsek Bukit Batu mengajak seluruh anggota Pramuka Saka Bhayangkara untuk berperan dalam mengaktifkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta ketertiban dalam berlalu lintas.

Hal itu terungkap saat pertemuan mingguan, Kamis (20/9/2018) antara jajaran Polsek Bukit Batu yang diwakili Panit II Reskrim Aiptu Khairul Anwar,SH dan Brigadir Darul Asikin dengan puluhan anggota Pramuka Saka Bhayangkara dari SMAN 1 Bukit Batu.

Aiptu Khairuk Anwar, SH dalam pertemuan itu mengatakan bahwa atas perintah Kapolsek Bukit Batu Kompol Hendrik,SH melalui Kanit Bimas dan jajaran diwakili oleh Panit II Reskirim, pihaknya mengajak anggota pramuka untuk mengaktifkan kembali Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Bukit Batu.

Baca Juga :  Kepada LAMR, Wamen Setuju Daerah Ikut Kelola Blok Rokan

“Dengan aktifnya pramuka saka bhayangkara maka diharapkan dapat menjadi mitra binaan polsek dalam menegakkan Kamtibmas, Tertin Lalu Lintas maupun penegakan hukum,” tutur Khairil Anwar.

Dijelaskannya bahwa Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16 – 25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, dimana setiap Krida mengkususkan pada subbidang ilmu tertentu yang dipelajari dalam Satuan karya tersebut. Sehingga setiap anggota dituntut untuk berperan aktif di tengah – tengah masyarakat,” ujar Khairul.

Baca Juga :  Salurkan 271 Alsintan, Ini Harapan Syamsuar Kepada Petani

Dikatakannya bahwa kegiatan kesakaan dilaksanakan di Gugus Depan dan Satuan Karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik.

“Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktek berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dalam interaksi sosial,” tambahnya.

Pantauan media ini terlihat peserta pramuka saka bhayangkara antusias mendengarkan penyampaian materi dari jajaran Polsek Bukit Batu, pertemuan dilanjutkan dengan foto bersama. (RK4)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *