BudayaRiauSiak

AkoSiak Jadi Branding Produk Ekonomi Syariah

RiauKepri.com, SIAK– Berbagai inovasi dan kreatifitas dikembangkan dalam rangka mempromosikan Siak keluar dengan tujuan meningkatnya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Hal ini disampaikan Bupati Siak, Syamsuar, saat dijumpai awak media usai membuka Festival Siak Bermadah ke 16, Rabu (10/10/2018) malam.

“Kreatifitas yang telah ditampilkan dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat, dan hendaknya dapat menumbuhkembangkan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Siak,” harap Syamsuar.

“Disaat pengunjung ramai datang ke Siak, inilah kesempatan pelaku usaha ekonomi kreatif untuk menjual produk usahanya,” sambung Syamsuar.

Karenanya, ucap Syamsuar, patut disyukuri karena Siak dapat bantuan dan dukungan dari Bekraf RI, berupa masukan dan ide untuk pengembangan pariwisata, ekraf, di Siak maupun Riau kedepannya.

“Saat ini kita sudah memiliki branding (merek) produk yang bernama AkoSiak,” ungkap Syamsuar.

Dijelaskannya, AkoSiak ini diserap dari bahasa Melayu, yakni Ako yang bermakna akar dan Siak. Munculnya kata AkoSiak, sambung Syamsuar, bersumber dari potensi yang dimiliki Siak, yaitu MISI kepanjangan dari Melayu Islam Sungai dan Istana karena itu sesuai dengan pengembangan ekonomi syariah. Kemudian merek tersebut dicetuskan oleh tim Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Pembukaan pentas Siak Bermadah yang diisi peserta baik dari dalam maupun luar negeri, ditandai menukul tambur yang dilakukan Syamsuar, Sekretaris Bekraf RI dan Kepala Dinas Pariwisata Riau.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pembukaan Siak Bermadah ini diawali dengan pertunjukan Tari Kato yang menggunakan kapal feri sebagai arena panggungnya. Tarian ini terinspirasi dari perjalanan Sultan ketika menyambangi berbagai daerah kekuasaannya. (RK1/*)

Baca Juga :  Potensi Pariwisata Pantai di Wilayah Riau Pesisir Belum Tergarap, Salah Satunya Pantai Tanjung Sedekip
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *