Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkab Meranti Kerjasama dengan UIN Suska Riau

RiauKepri.com, SELATPANJANG – Tim Prodi ILHA Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau bersilahturahmi dengan Pemerintan Daerah Kepulauan Meranti. Kedatangan rombongan langsung disambut Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim dan jajaran, bertempat di ruang kerja Wakil Bupati, Jumat (2/11/2018).

Turut mendampingi Wakil Bupati, Asisten II Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Drs. Husni Gamal, Kasubag Kesra Hasan M.Ag.

Dari UIN Suska sendiri dihadiri oleh Ketua Prodi ILHA Fakultas Ushuluddin Usman M.Ag, Sekretaris Prodi Sukiyat, Kabag TU Drs. Refdayati, Nurima, Eri Surianto, serta Nuriman Priyanto.

Pada pertemuan yang berlangsung hangat dalam suasana kekeluargaan itu, dibahas berbagai hal dalam rangka memajukan SDM di Kepulauan Meranti, khususnya anak-anak daerah yang sedang menimba ilmu di UIN Suska Riau.

Seperti dikatakan pihak UIN Suska, saat ini jumlah mahasiswa asal Meranti yang berkuliah di UIN Suska Riau cukup banyak, untuk itu perlu dilakukan pembinaan dan suport dari Pemkab. Meranti. Salah satu yang disarankan oleh rombongan Tim Prodi Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau adalah dengan memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berpestasi.

Menyikapi masukan itu, disambut baik oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, sebab keinginan dari pihak Fakultas Ushuluddin telah lebih dulu dilaksanakan oleh Pemkab. Meranti.

Baca Juga :  Perdana, Warisan Budaya Tak Benda Kota Dumai Diakui Nasional, Gubri Ucapkan Terimakasih

Seperti diketahui saat ini Pemkab. Meranti tengah membuka usulan Bea Siswa untuk membantu Putra-Putri asli daerah yang sedang menjalani pendidikan DIII, SI, dan Strata II, Bea Siswa ini diperuntukan khusus untuk mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa yang berprestasi. Meskipun diakui bantuan yang diberiian tidak terlalu banyak membantu

“Saat ini kami telah membuka permohonan Bea Siswa untuk membantu anak-anak Meranti yang sedang menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi, namun karena kondisi keuangan yang sangat terbatas perlu dilakukan seleksi lagi untuk menetapkan siapa yang layak menerima bantuan ini,” jelas Wakil Bupati.

Sebab seperti dikatakan Wakil Bupati. Pemkab. Meranti sangat berkomitmen mendorong pendidikan putra-putri asli daerah, untuk mengantisipasi anak anak putus kuliah karena kekurangan biaya terutama bagi anak yang berprestasi.

“Jangan sampai karena alasan tak mampu terpaksa putus kuliah, namun hingga saat ini belum pernah terjadi, belum ada anak Meranti yang berhenti kuliah karena tak ada biaya,” papar Wakil Bupati.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati sangat mengapresiasi pertemuan sekaligus silahturahmi dengan rombongan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, ia berharap dengan adanya pertemuan itu, kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini akan semakin baik.

Baca Juga :  Jalan Hancur Karena Truk Sawit, Gubri Minta Perhatian BPDPKS

“Semoga dengan pertemuan ini terjalin kerjasama yang semakin baik dimasa masa mendatang,” harap Wakil Bupati.

Salah satu pesan dan harapan yang disampaikan oleh Wakil Bupati kepada Tim Prodi Fakultas Ushuluddin UIN Suswa Riau, yang terdiri dari para Doses senior dan berpengalaman yakni bagaimana mendorong mahasiswa atau peserta didik mampu membuka peluang usaha sendiri atau bisa mempekerjakan orang lain.

Wakil Bupati Meranti foto bersama rombongan UIN Suska Riau.

Hal itu bukannya tak berasalan, sebab seperti diceritakan Wakil Bupati, tak sedikit para tamatan Sarjana di Meranti yang bercita-cita menjadi pegawai honor, padahal daerah ini memiliki potensi yang besar yang jika dikembangkan dengan serius menggunakan akal dan sedikit kreatifitas akan membuahkan hasil yang besar.

“Saya harapkan bapak bapak dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk lebih menggunakan akal dan kreatifitas mereka, agar Sarjana jangan hanya bisa meminta kerja tapi bisa mencibtakan peluang kerja,” harapnya.

Wakil Bupati Meranti tak ingin generasi muda Meranti menjadi generasi lemah tanpa kreatifitas, yang seolah sudah kehilangan akal untuk maju. Jika itu terjadi menurutnya sangat berbahaya bagi masa depan Meranti.

Baca Juga :  LAMR Desak Sejumlah Kabupaten/Kota Laksanakan PSBB

“Untuk memajukan daerah yang kita butuhkan saat ini adalah generasi muda yang pintar, kreatif dan memiliki kejujuran, sehingga potensi daerah yang cukup besar ini dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi barang-barang yang berkualitas,” ucapnya.

Seperti diketahui, Meranti memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang cukup besar, mulai dari Sagu, Kelapa, Kopi, Pinang, Karet dan baru-baru ini Ubi Gadjah seperti yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Gogok dimana perbatangnya mampu mengasilkan hingga 100 Kg. Belum lagi hasil laut ikan dan lainnya.

Keinginan dari Wakil Bupati Meranti, juga disambut baik oleh pihak UIN Suska Riau, menurut Sukiyat sebagai tenaga pendidik sudah kewajiban bagi mereka untuk mencetak SDM yang berkualitas yang mampu survive untuk memajukan diri dan daerahnya.

Terakhir, setelah berbincang banyak hal pertemuan sekaligus silahturahmi antara Wakil Bupati dan pihak UIn Suska Riau ditutup dengan penyerahan cendera mata dari UIN Suska kepada Pemkab. Meranti yang diterima Wakio Bupati H. Said Hasyim begitu juga sebaliknya. (adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *