Ada Apa Ombudsman RI Perwakilan Riau ke Unilak?

RiauKepri.com, PEKANBARU- Lembaga Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Riau melakukan kunjungan kerja ke Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Selasa(13/11/2018). Kunjungan ini disambut langsung oleh Rektor Unilak yang diwakili oleh wakil rektor I Unilak, Dr Junaidi, di ruang rapat gedung rektorat lantai III. Tampak hadir juga kepala BAAK Silm Oktaviani. M.Hum, kepala biro SDM Anang Cahyono.

Kedatangan ombudsman dipimpin kepala perwakilan wilayah Riau, Ahmad Fitri dan 3 orang asisten bidang. Selama hampir 1 jam melakukan pertemuan dengan pimpinan Unilak, Ahmad Fitri memperkenalkan maksud dan tujuan kunjungannya.

Di awal pertemuan Ahmad Fitri menyampaikan kepada Dr.Junaidi, bahwa sebagai mana amanat undang-undang, Ombudsman adalah lembaga negara di Indonesia yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD, BHMD dan serta badan swasta hingga tingkat desa.

Baca Juga :  KPPU Indonesia ke Unilak, Ini Asa yang Hendak Ditangkap

Tugas pokok ombudsman menerima pengaduan layanan publik, kemudian pengaduan wajib untuk menindaklanjutinya. Dalam menjalankan tugas ombudsman berpedoman pada prinsip tidak berpihak, independen, dan memutuskan atau tidak mal administrasi.

“Kunjungan ombudsman RI perwakilan Riau juga ingin menjalin koordinasi, dan kerjasama di bidang pelayanan masyarakat, seminar/kuliah umum, dan membuka peluang program pemagangan bagi mahasiswa Unilak di ombudsman perwakilan Riau, dan kami mengucapkan terima kasih kepada Unilak yang telah menerima kunjungan Ombudsman Riau,” ujar Ahmad Fitri.

Ahmad Fitri menambahkan maksud dan tujuan ke Unilak untuk membangun kordinasi, kerjasama dan mengadakan jaringan kerja. Dipilihnya Unilak tentu dengan melihat kompetensi dosen yang ada, selain itu juga telah mengadakan kerjasama dengan kampus kampus lain. Sangat memungkinkan antara Unilak dan ombudsman berbagi ilmu dengan kuliah umum dan memberikan program magang kepada mahasiswa Unilak.

Baca Juga :  Alamak, Hari Ini 223 Kasus Covid-19 di Riau

Saat ini ombudsman sudah menjalin jejaring dengan mahasiswa tabloid visi Unilak, dan ini juga dilakukan di universitas lainya dan komunitas komunitas yang ada di Riau.

Sementara itu wakil Rektor I Unilak Dr.Junaidi menyambut baik kedatangan ombudsman RI perwakilan Riau. “Kami berterima kasih kepada ombudsman yang telah datang ke Unilak. Dari pemaparan yang disampaikan bahwa sangat memungkinkan dilakukan kerjasama bisa dengan seminar/kuliah umum, dan membantu Unilak dalam meningkatkan/ menghadapai aduan-aduan masyarakat yang bertujuan peningkatan layanan bagi masyarakat,” ujar Junaidi.

Baca Juga :  Kontingen KPN 2023 Riau Dilepas, Diminta Perkenalkan Budaya Bumi Lancang Kuning

“Untuk program magang bagi mahasiswa Unilak ini, kami sambut baik dan sejak tahun 2018 ini Unilak telah mulai program magang bagi mahasiswa. Sangat memungkinkan pegawai dan staf Unilak di bidang pelayanan untuk meningkatkan kualitas SDM dengan mengikuti trainning di Omudsman Riau agar lebih memahami prosedur layanan pengaduan masyarakat,” sambung Junaidi.

Di akhir pertemuan, pimpinan Unilak dan kepala Ombudsman RI perawakilamn Riau saling bertukar cendramata dan berfoto bersama. (RK7)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *