BengkalisRiau

Program One Day One Ayat, Salah Satu Strategi Disdik Bengkalis dalam Memperkuat Karakter Anak Didik

RiauKepri,com, BENGKALIS – Program One Day One Ayat yang digencarkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis ditargerkan mampu memperkuat karakter anak didik kususnya muslim, dalam menyelamatkan moral generasi bangsa.

Selain itu program religi ini dinilai mampu memberikan kesempatan percepatan hafalan bagi anak didik sehingga terbuka kesempatan untuk menjadi hafidz quran bagi anak didik dilingkungan sekolah dasar dan SLTP di Kabupaten Bengkalis.

Plt Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura sangat mengharapkan program one day one ayat akan menjadi sebuah pelatuk kuat untuk membentuk prilaku dan sikap serta terciptanya anak berkarakter kuat baik di sekolah dan lingkungan di mana dirinya tinggal.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura

Edi Sakura menyebutkan harapannya melalui program one day one ayat ini,anak-anak dapat menghafal satu hari satu ayat dengan menggunakan sistem pemberiannya dari seorang ustadz kemudian diberikan kepada pendidik sebelum berlabuh di anak didik untuk dihafalkan.

Setiap sekolah harus menghadirkan ustadz satu minggu sekali untuk memberikan pencerahan dan pembimbingan dan oleh guru dapat dikerjakan sebelum jam masuk sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Bengkalis Busyairil SPd MPd dikonfirmasi menyampaikan bahwa program one day one ayat yang dicanangkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, sangat positif bagi perkembangan kepribadian anak didik.

Program ini tidak hanya untuk Islam saja, namun untuk semua agama di luar agama Islam dengan sistem satu ayat satu hari sesuai dengan ajaran masing-masing.

“Dulu magrib mengaji dilakukan di rumah-rumah setelah lepas sholat magrib,maka tidak heran penduduk di kampung akan mengaji sebagai bentuk dan upaya membangun dan meningkatkan bacaan.Kini secara lembaga formal dimasukan ke dalam program sehingga dapat berjalan menyeluruh dari sekolah dasar hingga SLTP, ” terangnya.

Baca Juga :  "Demi Riau" Teater Matan Pentas di Trotoar dan RTH Putri Kaca Mayang
Murid SD antusias mengikuti program One Day One Ayat

Di SMPN 1 Bukit Batu sekolah yang berada di Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu ,saat ini berada di bawah naungan kepala sekolah Masyuri, M.Pd dalam satu kesempatan mengungkapkan harapannya program ini akan terus-menerus menjadi bagian yang prioritas dalam kebijakan pemerintah daerah yang diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.

One Day One Ayat bagi anak didik sebuah ruang untuk melakukan penghafalan surat-surat pendek dengan lebel satu ayat satu hari memberikan dorongan kuat bagi anak didik untuk ngebut dan mendapatkan hafalan kuatnya.

“Selain melahirkan sikap yang terdidik secara agama dan karakter anak juga lahir dengan baik dengan talenta dan bakat sebagai seorang pembelajar,penurut dan patuh belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan besar dari seluruh guru bidang studi.” kata Masyuri.

Kabid Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Bengkalis Drs Suwanto dalam penjelasan singkatnya mengungkapkan program one day one ayat sangat memberikan manfaat dan menunjang program pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter.

Kabid SD Disdik Bengkalis Suwanto

“Semua unit pelaksana teknis santuan pendidikan sekolah dasar se Kabupaten Bengkalis melaksanakan kegiatan ini secara rutin pada saat 15 menit sebelum proses belajar-mengajar berlangsung.Melalui gerakan one day one ayat akan tumbuh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,sekaligus mampu menumbuhkan budi pekerti,akhlak da prilaku yang baik,” paparnya.

Bahkan disampaikannya juga,pada event tertentu telah diadakan lomba one day one ayat dalam bentuk hafalan 1 jus dan jus amma tingkat Kabupaten Bengkalis 2018 pada program pembinaan minat,bakat dan kreatifitas siswa SD.

“Semoga program one daya one ayat tetap menjadi prioritas program pada pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis,” harapnya.

Zabinar SPd dan Annisa Nurfaizah Alfikhairi (Caca) Hafidz Quran di SDN 40 Mandau

Baca Juga :  Bupati Amril Apresiasi Saran dan Himbauan Ketua DPRD Bengkalis
Siswa SD mengikuti lomba hafalan One Day One Ayat

Program One Day One Ayat yang ditelorkan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis semenjak 2017 lalu,telah memberikan manfaat besar terhadap anak didik yang duduk di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sangat membantu peserta didik di dalam memahami dan meningkatkan bacaan Al-quran di rumah maupun di sekolah sebagaimana disebutkan Zabinar SPd guru berprestasi Kabupaten Bengkalis juga seorang kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 40 Mandau.

Zabinar dalam gegap gempita mendayung dan menjalangkan program One Day One Ayat tidak sendiri namun melibatkan Etisam SPdi selaku guru agam Islam,berjalan selaras dan sejalan dengan harapan besar pucuk negeri untuk mencermerlangkan anak didik di tingkat sekolah dasar sangat memberikan apresiasi besar atas program yang sangat membentuk sikap dan prilaku anak serta melahirkan karakter yang baik.

Program one day one ayat itu mampu membuka ruang pintar anak didik hingga berprestasi di dalam belajar dan bukan tidak mungkin kekuatan hafalan ini akan menjadi kesempatan mendapatkan nilai terbaik bahkan ketika lulus nanti akan berpeluang masuk seklah yang favorit.

Siswa SMP saat melaksanakan program One Day one Ayat disaksikan PLT Disdik Bengkalis Edi Sakura

Anak didik yang dihasilkan sangat berkarakter dengan adab yang baik,selain relegius tentunta,berimana dan cocok diterapkan hingga mampu digunakan belajar di rumah hingga kesempatan menghabiskan waktu yang tidak tentu akan terkikis dengan belajar dengan hafalan quran.

Etisam SPdi menjawab media ini ,belum lama berselang mengakui proses pembelajaran program one day one ayat itu makin diminati anak didik disebabkan tidak sedikit terjadi perubahan kuat terhadap sikap anak didiknya.Bukan itu saja,anak-anak makin bisa melesat dengan kemampuan yang sangat luar biasa di dalam belajar bahkan sangat dominan dan menonjol di bidang hafalan al-quran. (RK4)

Baca Juga :  Aneka Ragam Produk Unggulan Daerah Tersedia di Bazar MTQ ke 43 Bengkalis di Pakning
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *