Secara Mandiri 37 Judul Buku Dibuat Guru di Siak

Syamsuar saat menyerahkan penghargaan kepada sejumlah guru.

RiauKepri.com, SIAK- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 dan Hari Guru Nasional (HGN) ke-24 tahun 2018, Pengurus Kabupaten PGRI Siak bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Siak mengadakan seminar pendidikan di Gedung Sultan Syarif Kasim II, Senin (26/11/2018) pagi.

Kegiatan yang mengambil tema “Guru Sebagai Penggerak Pendidikan Karakter dalam Rangka Menyikapi Pergaulan Bebas Remaja” ini diikuti oleh 2106 orang anggota PGRI di Kabupaten Siak.

Hadir dalam kegiatan ini Penulis Buku Pendidikan Karakter Lestari Ning Purwanti, Dr Santoso motivator dan dosen sebagai narasumber, Ketua LAMR Kabupaten Siak, tokoh masyarakat, camat Mempura Desi Fefianti, dan guru-guru PAUD-SMA se Kabupaten Siak.

Baca Juga :  Mencari Qori dan Qoriah Terbaik untuk Riau dari Meranti

Ketua PGRI Kabupaten Siak Lukman dalam sambutannya mengatakan, pada peringatan HUT PGRI dan HGN 2018 menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan seperti, Porseni di kecamatan Bungaraya, Jalan santai, Seminar Pendidikan, Upacara Peringatan dan partisipasi pada kegiatan PGRI prov Riau di Kuansing.

Disampaikannya, bahwa Bupati Siak telah mengeluarkan SK bagi guru-guru honorer di sekolah negeri sebanyak 1.960 orang guru.

Kata Lukman, PGRI sebagai organisasi profesi ditantang agar mampu menggerakkan guru dan tenaga kependidikan memberikan andil tidak hanya dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah, tetapi harus merasa terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa.

Baca Juga :  DPD PAN Bentuk Tim Pilkada Pekan Depan Penjaringan Balon

Sementara Bupati Siak, Syamsuar, sangat mengapresiasi karya buku para guru di Kabupaten Siak. Harapannya dalam waktu dekat segera dicetak dan kerjasama dengan sejumlah penerbit. Tentunya semangat membuat buku ini juga dapat memotivasi para guru yang lainnya.

Syamsuar secara langsung memberikan apresiasi kepada guru-guru tersebut, karena secara mandiri mereka mampu membangun kebiasaan menghasilkan karya tulis lewat buku yang memberikan manfaat bagi siswa di sekolah, disamping profesi utamanya sebagai tenaga pendidik.

“Kami sangat mengapresiasi para guru yang telah membuat buku, dan buku tersebut akan kami perbanyak dan dibagikan ke sekolah-sekolah,” kata Syamsuar.

Baca Juga :  BNN dan Muslimat NU Taja Safari Ramadhan dan Buka Bersama Masyarakat Kuala Lahang

Syamsuar mengharapkan guru semakin kaya dalam perbendaharaan metode dalam menyampaikan pembelajaran di kelas sehingga tidak monoton yang pada akhirnya membuat anak jenuh dan bosan.

“Harapan ke depan guru dapat menjawab tantangan yang semakin kompleks terkait moral, akhlak anak bangsa yang semakin memprihatinkan,” ungkap Syamsuar.

Selain itu Syamsuar menyampaikan bahwa melalui program pendidikan vokasi di SMK bisa menjadi jembatan jika ingin anak-anak tamatan SMK bisa masuk pasar kerja atau berwirausaha.

Dalam kesempatan tersebut secara simbolis Bupati Siak didampingi Ketua PGRI Siak menyerahkan penghargaan kepada guru-guru sekabupaten Siak yang telah membuat sebanyak 37 judul. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *