ODOL Perusak Jalan, Warga Batang Cenaku Dirugikan

Jalan Lintas Selatan Kecamatan Cenaku yang rusak parah.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Alamak, kondisi Jalan Lintas Selatan Kecamatan Cenaku, tepatnya Jalan Pangkalan Kasai, Anak Talang dan Desa Cenaku Kecil, Kabupaten Indragiri Hulu, rusak parah. Penyebabnya, banyak kendaraan yang
Over Dimensi Over Load (ODOL).

“Setiap hari ada saja truk yang terpuruk, parah sekali kerusakan jalannya. Orang jualan pun jadi susah,” kata Siti salah seorang warga setempat, Rabu (2/11/2022).

Selain mengganggu perdagangan masyarkat, jalan rusak juga merugikan di bidang perkebunan. Warga kesulitan dalam mengangkut hasil perkebunan seperti buah sawit dan getah karet.

“Jalan rusak sangat mengganggu pengangkutan hasil kebun kami, banyak ruginya, kami mohon sekali agar pemerintah memperbaiki jalan di desa kami ini,” kata Paino, warga lainnya

Baca Juga :  Jalan Rusak Parah, Nestizen di Meranti Tanya Hati Nurani Anggota Dewan

Camat Batang Cenaku Triyatno mengatakan, masyarakat memintanya untuk melapor ke Gubernur Riau Syamsuar agar memperbaiki jalan rusak tersebut. Selain itu, dia juga menyampaikan persoalan kebun masyarakat Kecamatan Batang Cenaku itu berada di kawasan hutan.

“Saya bersama 20 Kepala Desa dan BPD telah menyampaikan ke Pak Gubernur Riau, terkait persoalan jalan lintas Selatan di Kecamatan Batang Cenaku yang rusak,” ujar Triyatno.

Sementara itu, Syamsuar mengatakan akan segera mengaspal jalan yang rusak. Jika untuk mengaspal butuh waktu lama, Pemprov Riau akan memperbaiki dengan sementara waktu, agar kendaraan bisa melintas.

“Saya sudah minta ke Kadis PUPR agar menindaklanjuti. Kalau memang alat yang ada di UPT Inhil-Inhu jauh dari lokasi, bisa dilansir dari Pekanbaru,” ujar Syamsuar.

Baca Juga :  Mengenal Ahmad Tarmizi, Ketua DPW PKS Termuda se-Indonesia

Syamsuar menjelaskan, saat ini Pemprov Riau memprioritaskan jalan yang rusak parah untuk diperbaiki. Sedangkan jalan rusak ringan akan menyusul.

“Karena jika untuk semua jalan rusak, tidak mampu anggaran menyelesaikannya dalam satu tahun,” jelasnya.

Menurut Syamsuar, titik-titik jalan yang mengalami rusak parah menjadi prioritas utama untuk diperbaiki. Bahkan, Pemprov Riau akan memperbaiki jalan dengan kualitas yang lebih kuat.

“Sudah kita minta UPT mana jalan yang rusak segera diperbaiki dengan kualitas jalan yang kuat,” ucap Syamsuar.

Syamsuar menjelaskan, jalan yang rusak, umumnya akibat beban berat dari kendaraan yang melebihi muatannya yang melintas di jalan tersebut. Syamsuar mendapat laporan dari warga, jalan rusak itu akibat truk Over Dimensi Over Load (ODOL) atau melebihi kapasitas.

Baca Juga :  Jalan Menuju Muara 2 Macam Kubangan Kerbau

“Saya sudah minta Dinas Perhubungan untuk melakukan razia. Saat ini sudah ada 223 truk odol sudah masuk persidangan,” kata Syamsuar.

Syamsuar menegaskan, saat ini Pemprov Riau akan meningkatkan razia truk yang melebihi kapasitas. Bahkan, Pemprov Riau membuat kesepakatan dengan semua Gubernur di Pulau Sumatera untuk saling kordinasi dalam memelihara jalan. (*/RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close