2 Pekan Jadi Gubri, Wan Thamrin Buat 120 Pejabat “Pindah Kamar”

Wan Thamrin saat melakukan pelantikan.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Dua pekan lalu, Senin (10/12), Wan Thamrin Hasyim dilantik menjabat sebagai Gubernur Riau definitif oleh Presiden Joko Widodo, dan dia langsung melakukan mutasi terhadap

120 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah, Pekanbaru, Rabu (26/12), menjadi saksi Wan Thamrin melalukan kewenangannya. Sebelumnya, Wan Thamrin menjabat Wakil Gubernur Riau, namun sGubernur Arsyadjuliandi Rahman mengundurkan diri karena ikut nyalon DPR RI, Wan pun menggantikannya.

Masa jabatan Wan juga tak lama lagi, karena‎ Gubernur Riau terpilih Syamsuar dan wakilnya Brigjen Purn Edy Natar Nasution akan dilantik pada pertengahan Ferbruari 2019. Syamsuar merupakan Bupati Siak dua periode yang memenangkan Pilkada Riau 2018 mengalahkan petahana.

Baca Juga :  Kapolda Riau Berikan Tali Asih Untuk Bhayangkari Bripka Hendra S.P Sibarani

Menjelang dia digantikan, Wan Thamrin melantik pejabat dan tenaga perencanaan, guru, perawat, auditor, pengawas keternagakerjaan, polisi kehutahanan, pamong praja, perekayasa, pengawas benih tanaman, pengawas dampak lingkungan hidup, penerjemah, pengelola pengadaan barang dan jasa serta sejumlah tenaga fungsional lainya.

Dari ratusan pejabat yang dilantik sebagai fungsional, 2 di antaranya merupakan pejabat eselon II. Yakni Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau Rahmad Rahim, dan Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Riau, Askardia Patrianov.

Kedua pejabat ini sebelumnya menempati jabatan struktural. Kemudian, mengajukan diri menjadi pejabat fungsional ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau. Pengajuan itu dikabulkan oleh Wan Thamrin.

Baca Juga :  Kerinci Kanan Targetkan Peningkatan Perolehan Dana Zakat

Tak ayal, Rahmad Rahim kini menjadi pejabat fungsional sebagai perencana di Bappeda Riau. Sedangkan Askardia Patrianov dilantik menjabat Widiaswara badan pengembangan sumber daya manusia.

Saat pidato, Wan mengatakan pelantikan tersebut hanya pindah kamar saja. Dia mengingatkan agar para pejabat yang baru dilantik, dapat memenuhi tanggung jawabnya.

“Jangan pernah memegang bara yang panas, karena ketika dilepas akan terasa panasnya. Sebab sebuah jabatan adalah tanggung jawab, maka laksanakan lah sebaik-baiknya, karena akan dinilai oleh pimpinan dan sang pencipta,” ujar Wan kepada anak buahnya.

Baca Juga :  Polsek Bukit Batu dan UPIKA Gelar Tabligh Akbar dan Zikir Bersama Sambut Tahun Baru 2019

Untuk diketahui, jabatan fungsional merupakan jabatan teknis yang tak termasuk dalam struktur organisasi. Namun perannya sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasi pemerintahan.

“Yang duduk di kelas struktural jangan lupa menebar ilmu ke mereka (pejabat fungsional) sekalian. Berikan ilmu yang baik untuk Riau yang baik. Berikan sumbangan untuk negeri ini, karena bagaimanapun jabatan ini dijamin UUD. Jangan pernah berleha-leha, Anda akan dikejar tanggung jawab,” ucap Wan. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *