Musrenbang Lubukbaja, Amsakar Serap Aspirasi Warga

Suasana Musrembang Kecamatan Lubuk Baja

RiauKepri.com, BATAM – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Lubukbaja di Crown Vista Hotel, Kamis (17/2/2022).

“Musrengang ini merupakan sistem perencanaan dengan cara menggali aspirasi dari bawah dan mengkombinasikan kebijakan dari atas,” ujar Amsakar.

Semua masukan dari masyarakat tersebut dibahas per jenjang. Mulai Musrenbang kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, hingga nasional.

“Ini tahapan kedua setelah tingkat kelurahan. Silakan dibahas mana yang prioritas untuk nanti dibahas di tingkat kota,” pesan Amsakar.

Baca Juga :  Tanamkan Investasi Keagamaan untuk Anak-anak

Namun, semua aspirasi dari masyarakat tersebut akan mempertimbangkan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam.

“Kita lihat berapa anggaran tersedia, mana yang prioritas dan mana yang bisa ditunda,” katanya.

Di kesempatan itu, Amsakar juga memaparkan sejumlah proyek besar Kota Batam hingga 2024. Beberapa proyek tersebut seperti bandara, pelabuhan, jalan, hingga KEK Kesehatan.

“Kalau ini sudah jadi, Batam bedelau,” katanya.

Di lokasi sama, Camat Lubukbaja, Titin Yuniarti, melaporkan, melalui proses Musrenbang tingkat kelurahan, terkumpul 48 non PSPK dan 98 PSPK. “Untuk tingkat kecamatan, terdapat 20 usulan prioritas,” katanya.

Baca Juga :  Rudi Ajak Generasi Muda Berperan Aktif Cegah Stunting

Adapun, 20 usulan tersebut di antaranya, rehabilitasi ruang kelas, tembok penahan tanah, pembangunan kantor lurah Tanjunguma, pembangunan batu miring, hingga pemasangan lampu penerang jalan.

“Selain usulan, terdapat 81 kegiatan PSPK tahun ini terealisasi. Jumlah itu baik dibandingkan tahun lalu, 65 kegiatan,” katanya. (RK6)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *