PekanbaruRiau

Siswo Pranoto Tidak Sekedar Silaturahmi dengan Warga Tenayanraya

RiauKepri.com, PEKANBARU-Tokoh Masyarakat Kecamatan Tenayanraya yang juga pengusaha dan pembina puluhan UMKM dan kelompok tani di Pekanbaru, Ir.Siswo Pranoto MT, melakukan silaturahmi dengan warga Jalan Sumatera, Tenayanraya.

Acara silaturahmi pada Kamis (10/01/2019), ini bertepatan diadakan wirid mingguan gabungan RT yang ada di sekitar Jalan Sumatra, Jalan Moroseneng dan sekitarnya di rumah Sarni. Setidaknya 100 kepala keluarga hadir.

Siswo Pranoto yang juga dosen di beberapa Perguruan Tinggi di Pekanbaru mengatakan, bahwa dalam silaturahmi ini dia juga membicarakan mengenai potensi-potensi usaha mikro kecil menengah yang banyak ditemukan di Tenayanraya untuk ditumbuh kembangkan. Tidak hanya UMKM, tapi juga sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan ekonomi kreatif.

Siswo Pranoto yang juga Ketua yayasan pondok pesantren Al Hisa ini menyebutkan, di Tenayanraya ini potensi ekonomi untuk menambah penghasilan kepala keluarga sangat besar, beberapa diantaranya adalah dibidang peternakan, perkebunan, perikanan ekonomi kreatif dan pengolahan sampah warga, dengan membentuk Bank sampah dan lain lain.

Menurutnya di bidang peternakan, limbah kotoran ternak dapat dimanfaatkan dengan baik melalui mengolah kotoran sapi/kambing/ayam yang dimiliki oleh warga untuk diubah menjadi pupuk organik yang sangat bernilai ekonomis, dan menambah penghasilan.

“Selama ini kotoran ternak hanya terbuang, kita sudah memetakan daerah mana saja yang memiliki potensi dan terus akan dikembangkan,” katanya.

Selain itu di Tenayanraya jika diingat masyarakat selalu identik dengan pertanian dan perkebunan, ini juga menjadi potensi besar bagaimana memaksimalkan pekarangan rumah untuk penghasilan tambahan.

“Ini bisa dilakukan dengan menanam serai, lengkuas, jahe dan kunyit. Ini potensinya sangat besar dan sangat laku,” ujarnya.

Selain itu, Siswo Pranoto yang juga Ketua Forum Bank Sampah Komunal Pekanbaru menyampaikan, telah membentuk kelompok Bank Sampah yang saat ini sudah mencapai 15 kelompok yg tersebar Tenayanraya.

Baca Juga :  Usah Ragukan dengan Komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Terpilih

Selain mengelola lingkungan, Bank Sampah juga menghasilkan uang tambahan bagi warga. Sampah plastik dapat di manfaatkan oleh para ibu-ibu menjadi produk kerajinan memberikan nilai tambah dan menjadi ekonomi kreatif bagi masyarakat.

Kehadiran Siwon Pranoto ini disambut hangat oleh warga jalan Sumatera, warga berharap aspirasi yang disampaikan ke dirinya dapat diwujudkan. (RK7)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *