BudayaRiauSiak

Menteri Luhut: Jadikan Spirit Sultan Siak Mempersatu Bangsa 

RiauKepri.com. SIAK– Menko Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan, mengaku sejak kecil sudah mengenal Siak dengan keagungan Kerajaan Melayu Islam. Begitu juga dengan pratriotismenya Sultan Syarif Kasim II yang rela menyerahkan kedaulatan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadikan spirit Sultan Siak ini sebagai mempersatukan bangsa, beda pendapat boleh namun jangan membuat kita terpecah belah,” kata Luhut kepada wartawan seusai berkeliling Istana Siak, Rabu (16/1/2019).

Luhut juga menyebutkan, begitu banyak contoh semangat kebersamaan yang diperlihatkan Sultan Siak bagi generasi muda. Tak hanya harta yang diserahkan untuk memperjuangkan NKRI, kedaulatanpun diberikan. Hal ini hendaknya menjadi suri tauladan, dan jangan dinodai semangat kebersamaan ini.

“Jika saat ini ada beda pandangan, jangan ada dendam dan jangan ada permusuhan. Karena semangat kebersamaan dari Sultan Siak ini ada pesan damai bagi bangsa, bahkan dunia ini,” ungkap Luhut.

Gubernur Riau terpilih, Syamsuar menambahkan, sejak zaman kerajaan di Siak sudah terpupuk rasa kebersamaan. Hal ini dapat dilihat sudah adanya bangunan rumah ibadah, seperti kelenteng dan gereja.

“Rasa tolenransi dan kebersamaan di Siak ini sudah sejak zaman kerajaan, Alhamdulillah hingga saat ini masih terus terjaga. Sehingga masyarakat hidup dalam keadaan damai dan tenteram,” kata Bupati Siak memasuki dua priode itu.

“Ya, saya merasakan kedamaian dan ketentraman itu. Mungkin saya terlalu sensitif ya, sehingga saya merasa aura Sultan Siak,” ucap Luhut. (RK1/*)

Baca Juga :  Aneka Ragam Produk Unggulan Daerah Tersedia di Bazar MTQ ke 43 Bengkalis di Pakning
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *