Tiga Dosen Prodi Sastra Indonesia FIB Unilak Taja Pelatihan Menulis Cerpen di SMA Negeri 4 Pekanbaru

Siswa SMA Negeri 4 Pekanbaru, antusias menyimak materi penulisan cerpen

RiauKepri.com, PEKANBARU – Sempena melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, di bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Tiga dosen Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menaja pelatihan menulis cerita pendek (cerpen). Tiga dosen itu, M. Kafrawi, S.S., M.Sn., Dr. Hj. Evizariza, M. Hum., dan Dra. Hj, Raja Syamsidar, M. Pd., melaksanakan pelatihan di SMA Negeri 4 Pekanbaru, Jumat (11/1/2019) yang lalu. Ada pun pengabdian yang mereka usung adalah “Penguatan Menulis Kreatif untuk Siswa SMA”.

Pelaksanaan menulis cerpen ini, kata Dr. Evizariza, M. Hum., merupakan upaya memotivasi dan sekaligus menggali potensi generasi muda di bidang menulis karya sastra. Menurut Evi, menulis menjadi bagian terpenting dalam membentuk karakter bangsa.

Baca Juga :  Rafiq: Kalau Mau Mutasi Kepala Sekolah, KKKS Dipanggil

“Dengan menulis, terutama menulis karya sastra, siswa dapat mengekspresikan diri. Menulis karya sastra juga melatih siswa mengeluarkan ide, gagasan dan juga menyampaikan pesan dengan kreatif menggunakan media bahasa,” ucap Evizariza, yang juga Wakil Dekan II FIB Unilak ini.

Evizariza juga menambahkan, setiap tahun, dalam dua semester, dua kali mereka melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat ini, kata Evi, memang dikususkan untuk siswa SMA saja terlebih dahulu.

“Memang kami mengususkan melaksanakan pelatihan menulis ini untuk siswa SMA. Siswa SMA merupakan generasi potensial dalam penguatan menulis,” jelas Evizariza.

Baca Juga :  Fakultas Hukum Unilak Juara Rektor Cup, Januari Unilak Cup Tingkat SMA

Evizariza menambahkan, sebanyak 30 siswa yang direkomendasikan ikut pelatihan ini. Menurut Evi, sebanyak 30 siswa ini diperkenalkan terlebih dahulu dengan cerpen, memanfaat menulis cerpen, dan praktek menulis cerpen.

“Siswa yang ikut pelatihan ini sangat antusias, dan mereka juga memiliki kemampuan dasar menulis yang kuat. Kita tinggal melanjutkan kambali pelatihan seperti ini,” ucap Evizariza.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 4 Pekanbaru, Yan Khorina, M. Pd., menyambut baik apa yang dilakukan dosen Program Studi Sastra Indonesia, FIB Unilak ini. Menurut dia, dengan pelatihan ini, selain mengenal lebih dekat cerpen, siswa juga dapat mempraktekkan kemampuan menulis mereka.

Baca Juga :  Pekerja Proyek RSUD Peserta BPJS Ketenagakerjaan Riadh; Kami Ucapkan Terimakasih

“Kami berharap, pelatihan seperti ini dilakukan secara berkelanjutan, sehingga siswa benar-benar paham dan mamlu menghasilkan karya. Kami sangat mendukung kegiatab seperti ini,” jelas Yan Khorina.

Tidak di bidang menulis saja, kata Yan, dosen FIB Unilak juga bisa melaksanakan pengabdian lain, seperti pelatihan teater, pelatihan membaca puisi, membaca syair dan pelatihan yang berhubungan dengan kesenian.

“Karya seni mampu menghaluskan perasaan dan mengasah kepekaan siswa. Dan pelatihan ini salah satu cara melatih kepercayaan diri siswa,” ucap Yan Khorina. (RK2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *