RiauSiak

Doa Syamsuar Kelola Blok CPP Terkabulkan, Kenapa Camat Dayun Menangis?

RiauKepri.com, SIAK- Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, melanjutkan serangkaian silaturahmi ke Kecamatan Dayun untuk pamitan karena jika tidak ada aral melintang pada minggu ketiga Februari dia dilantik sebagai Gubernur Riau terpilih.

Helat yang berlangsung di
Lapangan Bolakaki Kampung Banjar Seminar, Jumat (24/1/2019), juga menyediakan makanan dan jajanan gratis berupa bakso dan mie ayam, sate, bakso bakar, es dawet, dan es cream.

Kedatangan orang nomor satu di negeri Istana itu, disambut hangat ratusan masyarakat Dayun. Setibanya lokasi acara Syamsuar dipakaikan blangkon oleh tokoh masyarakat setempat.

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, ada yang menjadi kerisauannya terhadap pengelolaan ladang minyak Blok CPP tidak dikelola oleh prusahaan daerah PT Bumi Siak Pusako.

“Saya tidak terbayangkan jika ladang minyak CPP Blok ini dikelola prusahan lain. Sebab, ada 85 % anak Riau, termasuk anak Kabupaten Siak dan mungkin di antaranya termasuk anak Dayun yang terkena PHK,” ucap Syamsuar.

Karenanya, di hadapan ratusan masyarakat Syamsuar menceritakan, saat dirnya umbroh di depan Kabah dia berdoa kepada Allah agar Menteri Energi Sumberdaya Mineral ESDM RI, Ignasius Jonan, memberikan kesemapatan kepada anak daerah untuk mengelola ladang minyaknya sendiri.

“Alhamdulillah, akhirnya doa saya di ijabah Allah. Presiden melalui Menteri ESDM memberikan kesempatan agar ladang minyak ini dikelolah sendiri oleh PT BSP secara penuh,” ungkap Syamsuar.

Kesempatan mengelola sendiri Blok CPP ini, kata Syamsuar, tentunya menjadi berkah tersendiri bagi Kecama Dayun harapan mendapat keuntungan adalah anak-anak Dayun yang berdekatan langsung dengan PT BSP. Selama ini mungkin sulitnya berkomunikasi ke dalam, tentu kedepan tidak akan terjadi lagi karena pimpinannya berkantor di sini.

“Saya ingin kepada pimpinan PT BSP agar memberikan kesempatan kepada putra-putri Kecamatan Dayun agar mereka bisa bekerja disana, karena ladang minyak ini langsung berhadapan dengan mereka,” pinta Syamsuar.

Baca Juga :  Gubernur Riau Titip Pesan Kepada FIB Unilak

Syamsuar yang mengenakan baju putih lengan panjang dan celana hitam itu, juga mengatakan, di masa lima tahun dirinya memimpin Siak sudah banyak melakukan pembangunan jalan poros desa. Diakui memang belum semua terpenuhi, namun sebagian besar dari seluruh kecamatan sudah menikmatinya.

“Tahun lalu kami telah menyelesaikan jalan poros 4 kilo meter, yang pengangarannya bersumber dari dana DAK, pusat. Selanjutnya peningkatan jalan poros Kampung Berumbung Baru sepanjang 3,4 kilo meter. Tahun ini Insya Allah sedang proses tender peningkatan Jalan Suka Mulya Pangkalan Makmur sepanjang 3,24 kilo meter, dan peningkatan jalan Buana Makmur Sri Gading Kampung Lubuk Dalam 500 meter, yang kesemuanya mengunakan dana Alokasi Khusus (DAK) APBN,” beber Syamsuar.

Sementara itu, Camat Dayun Riko Riyanto yang juga mantan Ajudan Bupati Siak Syamsur, mengatakan, sejak kepemimpinan Pak Syamsuar banyak pembangunan yang dirasakan masyarakat.

Mulai dari peningkatan jalan poros desa, pembangunan drainase, pembangunan fasilitas olahraga, sarana pendidikan dan sarana kesehatan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Syamsuar yang telah memprioritaskan kecamatan Dauun,” ucap Riko.

Selama lebih kurang tujuh tahun Riko mendampingi Syamsuar bertugas sebagai ajudan. Tentu memiliki kedekatan emosional yang kuat. Ini terlihat saat dirinya menyampaikan selamat dan tahniah kepada Bupati Siak Syamsuar, dia terisak-isak menangis, sedih dan terharu.

“Kami masyarakat Dayun tentu akan rindu kehadiran dan nasehat Bapak. Saya tau karena saya pernah 6 setengah tahun jadi ajudan bapak, saya melihat waktu Bapak banyak diabdikan untuk masyarakat,” ungkap Riko.

Kedatangan Bupati Siak Syamsuar di dampingi istri, usai acara Syamsuar menandatangani 17 batu prasasti yang ada di Kecamatan Dayun. Tampak hadir sejumlah pimpinan organisasi dan ratusan masyarakat Dayun. (RK/*)

Baca Juga :  Jumpa Syamsuar, Hardianto: Hormat Pak Gubernur
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *