Dicari, 34 Ribu Calon Tenaga Kerja Dari Riau untuk Bekerja di Jepang

Syamsuar foto bersama Izumi Hara (kiri), saat ke Siak.

RiauKepri.com, SIAK- President & CEO DSJ Holdings Inc Japan, Izumi Hara, menjadi tamu istimewa Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, di Komplek Abdi Praja Kediaman Bupati di Siak Sri Indrapura. Sang tamu yang tiba di Negeri Istana, Kamis (24/01/19) itu, membawa kabar baik perihal rencana kerjasama dibidang ketenagakerjaan di Provinsi Riau.

Terhitung 1 April 2019 mendatang, perusahaannya yang berada Negeri Sakura itu akan membuka secara masif kesempatan kerja bagi calon tenaga kerja produktif dan berkompeten dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai angka 340 ribu orang. Wacana tersebut tentu jadi angin segar bagi putera-puteri Riau dan dimulai dari Kabupaten Siak, yang bercita-cita bekerja di luar negeri.

Baca Juga :  Agar Merasa Memiliki Riau, Sebaiknya Camat Bisa Dirolling ke Daerah Kabupaten Lain

Menanggapi positif tawaran tersebut, Bupati Siak Syamsuar meminta dukungan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan bagi calon karyawan terlebih dahulu oleh perusahaan sebelum dikirim berkerja di Jepang. Pembekalan yang perlu diberikan, kata Syamsuar, misalnya pengenalan bahasa dan budaya kerja Jepang.

“Saya minta dukungan perusahaan untuk membekali pencari tenaga kerja kita dengan pembelajaran bahasa serta budaya disana terlebih dahulu,” ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga menyebutkan selain soal kesejahteraan, calon karyawan juga perlu meniru budaya dan etos kerja orang Jepang yang terkenal cinta budaya, disiplin dan pekerja keras, sehingga sekembalinya ke Riau dikemudian hari, jiwa disiplin dan pekerja keras itu juga turut terbawa pulang.

Baca Juga :  Ada Mayat Terapung di Laut Tasik Putri Puyu

Syamsuar membayangkan jika Riau kedepan bisa mengirim 10% saja dari kebutuhan yang diminta, tentu 34 ribu pencari kerja di Bumi Lancang Kuning akan terserap hanya untuk ke negara Jepang saja. Untuk itu Syamsuar ingin kabar baik ini segera disebarluaskan secara resmi.

“Yang diminta bekerja disana nanti mulai dari tamatan SMK jurusan terkait hingga sarjana yang sesuai kualifikasi dan berminat bekerja keluar negeri. Bagi yang berminat bersegeralah persiapkan diri. Kami sedang menunggu surat resmi secara tertulis agar segera bisa disebarkan kepada masyarakat secara luas,” kata Syamsuar.

Baca Juga :  Bawa Sabu 1 Kilogram, BC Dumai Amankan Penumpang Dumai Line 8

Pemimpin Negeri Istana itu secara khusus juga memberi apresiasi karena yang membawa tamu istimewa dari Jepang itu juga anak Riau, yaitu Alexander Mulyadi Putra Kuansing yang saat ini dipercaya menjadi Direktur PT TBI milik perusahaan Jepang di Batam, Data wardhana dosen UIR, dan DR Husnul Kausarian alumni terbaik Chiba University Jepang.

“Memang hebat-hebat rupanya anak-anak Riau ini” kata Syamsuar terkagum-kagum. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *