BatamKepulauan Riau

Sosialisasi 4 Pilar, Nyat Kadir: NKRI Harga Mati

RiauKepri.com, BATAM- Anggota DPR/MPR RI, Drs H Nyat Kadir melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kedai Mak Syim, Tiban, Batam, Sabtu (2/2/2019).

Sosialisasi yang diikuti tokoh masyarakat dan agama yang tergabung dalam Lembaga Adat Melayu itu berlangsung penuh keakraban dan canda tawa.

Sosialisasi ini juga menghadirkan Nara sumber lainnya, Dr Syarifah Normawati, dosen Ibnu Sina.

Dalam kesempatan itu, Drs Nyat Kadir menegaskan kembali Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) sudah harga mati dan tidak bisa diganggu gugat.

“NKRI harga mati. Jangan kita berfikir untuk memisahkan diri dari NKRI,” ujar anggota Komisi VI ini.

Mantan Walikota Batam itu pun mengajak masyarakat yang hadir agar mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dia mencontohkan bila Sila pertama dilaksanakan maka tak akan ada kasus gesekan- gesekan antar suku, agama dan antar golongan.

“Selama ini masyarakat di Indonesia sudah membuktikan bahwa perbedaan suku dan agama bukan menjadi penghalang. Namun justru sebaliknya, perbedaan itu menjadi kekuatan yang membuat bangsa Indonesia menjadi kuat ,” ungkapnya.

Untuk itu anggota Fraksi NasDem ini meminta kembali ke pancasila UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila selain dihafalkan juga harus diterapkan dalam kehidupan keseharian kita,” harapnya.

Nara sumber lainnya Syarifah mengatakan sosialisasi empat Pilar sangat dibutuhkan setelah tak ada lagi penataran P4. Oleh karena itu ia menilai harus ada sosialisasi Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia berharap dengan sosialisasi ini maka gesekan antar suku, agama Ras dan antar golongan tidak terjadi lagi.

“Jangan ada gesekan antar suku, agama dan antar golongan.Mari kita kembali ke nilai-nilai luhur bangsa. Mari kita laksanakan Empat Pilar,” tambahnya.

Baca Juga :  Wujudkan Generasi Penerus yang Qurani

Sementara itu salah satu peserta sosialisasi, Datok Firdaus mengaku senang mengikuti sosialisasi ini. Dia berharap momentum sosialisasi empat pilar dapat dijadikan pembangkit semangat membangun kesadaran dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara hidup berdampingan rukun dalam bingkai NKRI.

“Saya berharap sosialisasi empat pilar dapat dijadikan seagai semangat membangun kesadaran guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa ,” ungkapnya. DIa juga bersedia dengan penuh semangat untuk ikut menjaga tegaknya empat pilar kebangsaan RI. (RK3)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *