BengkalisRiau

Jalan Ketam Putih Menuju Sekodi Jadi Prioritas Musrenbang Bengkalis

RiauKepri.com, BENGKALIS – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bengkalis di prioritaskan pada peningkatan jalan dari Desa Ketam Putih menuju Desa Sekodi.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Camat Bengkalis, Ade Suwirman pada acara Musrenbang Kecamatan Bengkalis, Rabu 13 Februari 2019 di gedung serbaguna Kantor Camat Bengkalis.

Acara Musrenbang ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Bengkalis H Indra Gunawan, Firman, Indrawan Sukmana dan Azmi Rozali, perwakilan Danramil dan Kapolsek Bengkalis, Kepala Desa dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Ade mengatakan pada tahun 2020 berdasarkan rekap dari seluruh Desa dan Kelurahan masih di dominasi berupa usulan fisik dan kegiatan pemberdayaan masyarakat, tujuan dengan dilaksanakan kegiatan Musrenbang ini berdasarkan amanah Undang-Undang No 25 tahun 2004.

“Setelah kita ketahui bersama salah satu prioritas di Kecamatan Bengkalis yakni peningkatan jalan dari Ketamputih menuju Sekodi, saat ini ada 13 program strategis reguler tahun 2019 dua diantaranya yakni peningkatan jalan Desa Ketamputih menuju Desa Kelemantan dan Desa Kelemantan menuju Desa Sekodi,” kata Ade Suwirman.

Bengkalis Dapat Alokasi APBD 2019 sebesar  Rp 244,48 Milyar

Pada tahun 2019 alokasi pembangunan Kecamatan Bengkalis mendapat alokasi anggaran sebesar 244,48 Milyar, hal tersebut sebagaimana diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melalui Sekretaris Bappeda Rinto, Rabu 13 Februari 2019 di gedung serbaguna Kecamatan Bengkalis.

Rinto mengatakan alokasi anggaran tersebut sebesar 244,48 Milyar untuk membangun di berbagai sektor, yakni infrastruktur jalan dan prasarana lainnya sebesar 119,64 Milyar, kemudian pendidikan 18,19 Milyar, lalu kesehatan 8,28 Milyar dan dana desa sebesar 92,81 Milyar.

“Alokasi anggaran ini merupakan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis selaras dengan kebijakan nasional untuk mewujudkan kemandirian desa serta mendorong pertumbuhan pusat perekonomian di desa sesuai potensi,” kata Rinto.

Baca Juga :  Narkoba yang Dibawa Honorer Bengkalis Berasal Dari Cina

Selanjutnya Rinto menambahkan sesuai arahan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tema tahunan pembangunan daerah yakni kemandirian Desa yang berkearifan lokal dengan berbagai prioritas.

“Prioritas pertama yakni penguatan konektifitas antar Desa dan antar Kecamatan termasuk menuju sentra perekonomian desa, kemudian peningkatan kualitas dan pemasaran produk unggulan Desa,” jelas Rinto.

“Selanjutnya Pemberdayaan sumber daya pedesaan yang kreatif dan inovatif, lalu peningkatan pendidikan dan kesehatan masyarakat dan terkahir penerapan nilai keagamaan dan kebudayaan yang berkepribadian lokal,” katanya.

Acara Musrenbang ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Bengkalis H Indra Gunawan, Firman, Indrawan Sukmana dan Azmi Rozali, perwakilan Danramil dan Kapolsek Bengkalis, Kepala Desa dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (RK4)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *