PekanbaruPolitikRiau

Pelantikan Syam-Edy Istimewa, Tak Boleh Ada Kesalahan

RiauKepri.com, JAKARTA- Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Edy Nasution menjadi perhatian khusus bagi pihak Menseneg. Pasalnya, kedua pemimpin Riau ini dari latar belakang pamong dan TNI yang cukup berpengalaman.

“Tadi ketika rapat bersama pihak Meseneg kita diminta untuk melalukan glasi resik sebanyak dua kali agar tidak terjadi kesalahan pada pelantikan nantinya,” kata Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, kepada wartawan, Selasa (19/2/2019) di Jakarta.

Gladi pertama, jelas Ahmad, akan digelar di Hotel Sari Pacific malam ini pukul 20.00 WIB dan didampingi pihak Meseneg. Setelah itu, keesokan harinya digelar juga kegiatan yang sama di Wisma Istana.

Pengalaman beberapa kepala daerah yang sudah dilantik, ungkap Ahmad, pihak Meseneg sempat menegur memberi sanksi kepada panitia. Pasalnya banyak terjadi kesalahan.

Kesalahan itu, jelas Ahmad, terjadi ketika sumpah jabatan. Contohnya, bersedia dilantik menjadi gubernur namun dijawab juga oleh wakil gubernur. Padahal kata masing-masing akan ditanya.

Selain itu, Ahmad juga mencontohkan kesalahan lainnya. Yakni, ketika hormat. Sebelum Presiden menurunkan tangannya, yang akan dilantik tidak boleh menurunkan tangannya. Namun banyak yang terjadi, yang dilantik menurunkan tangan hormatnya sebelum tangan presiden turun.

“Kesalahan ini tidak boleh terjadi, karenanya pelantikan Pak Syamsuar dan Pak Edy Nasution ini menjadi istimewa karena menjadi perhatian pihak Meseneg. Bahkan kita dikasi video prosesi pelantikan yang benar agar tidak terjadi kesalahan,” ujar Ahmad. (Adv)

Baca Juga :  Pelajari Perda Zakat, BAZNAS Ogan Hilir Bertandang ke Siak
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *