Prosesi Pelantikan Syam-Edy 45 Menit, Undangan Masuk 130 Orang

Syamsuar-Edy Natar Nasution.

RiauKepri.com, JAKARTA- Prosesi pelantikan Syamsuar- Edy Nasution sebagai kepala daerah Provinsi Riau hanya berlangsung sekitar 45 menit, dan undangan yang masuk sebanyak 130 orang.

Hal ini dikatakan Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie kepada wartawan, Selasa (19/2/2019), di Jakarta. Hal ini dikatakannya seusai dia mengikuti rapat koordinasi di Sekretariat Negara.

“Syamsuar – Edy Nasution dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Rabu (20/2/2019) besok pagi di Istana Negara,” kata Ahmad.

Prosesi pelantikan itu, jelas Ahmad, Pak Syamsuar dan Pak Edy Nasution sudah kumpul di Wisma Negara pukul 07.00 WIB. Dilanjutkan gladi pukul 07.30 WIB.

Baca Juga :  Warga Dumai Barat Digaruk, 400 Gram Sabu Diamankan

“Setelah itu, pukul 08.30 WIB dilaksanakan proses kirab dan pelantikan dari Wisma Negara menuju Istana Negara,” kata Ahmad, seraya menyebutkan pelantikan hanya berlangsung sekitar 45 menit atau berakhir pada pukul 09.35 WIB, karena Presiden RI ada kegiatan lainnya.

Dikatakan juga, karena pelantikan itu hanya satu kepala daerah sehingga undangan bisa masuk sebanyak 130 orang, dan 8 undangan diperkenankan membawa istrinya.

“Itu hasil rapat tadi, dan tidak ada layar lebar di luar istana. Keuntungan pelantikan kepada daerah Riau ini, karena sendiri, jadi undangan bisa banyak. Biasanya kalau pelantikan bersamaan dengan kepala daerah lain hanya 50 orang yang masuk,” ucap Ahmad.

Baca Juga :  Diduga Sebagai Tempat Maksiat, Tim Yutisi Siak Robohkan 21 Ruli dan Cafe

Usai pelantikan Pak Syamsuar dan Edy Nasution, kata Ahmad, dilanjut dengan acara syukuran dan silahturahmi masyarakat Riau dan tokoh masyarakat Riau di Jakarta di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pukul 15.00 WIB.

“Besoknya, Syamsuar sebagai Gubernur Riau menghadiri acara Indonesia Bersih di Gedung Manggala Wana Bhakti Jalan Gatot Subroto di Jakarta,” ungkapnya.

Lanjutnya, pesawat yang ditumpangi Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024, pukul 14.00 WIB terbang ke Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dari Bandara International Soekarno-Hatta.

Baca Juga :  768 Wisudawan Unilak Ditepuk Tepung Tawar, Kini Sudah 25.047 yang Lulus

“Setibanya di Pekanbaru disambut di VVIP Lancang Kuning dan masuk ke ruangan untuk berganti pakaian kebesaran kepala daerah. Setelah itu, menuju Balai Adat Lembaga Melayu Riau Jalan Diponegoro, untuk prosesi tepuk tepung tawar,” jelasnya.

Setelah istirahat, pukul 19.30 WIB, dilanjutkan acara syukuran dan sambutan mantan Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, serta sambutan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 di halaman Gedung Daerah. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *