Agus Effendi, Siap Majukan Bidang Koperasi DPP KNPI

RiauKepri.com, JAKARTA– Agus Effendi, terpilih sebagai Ketua Bidang Koperasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2018-2021. Ia dilantik bersama pengurus lainnya oleh Ketua Umum DPP KNPI, Abdul Aziz dan Sekretaris Jendral Yami Tema Tirtajaya Laoly, di Redtop Hotel dan Convention Center Jakarta,  Minggu (17/2/2019) lalu.
Agus, sapaan akrab, salah satu Putra terbaik asal Lampung tersebut, sudah puluhan tahun berkiprah dibidang perkoperasian. Semasa kuliah pernah menjabat sebagai Ketua Umum Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Lampung (Unila) tahun 2001.
Bahkan untuk skala nasonal ia juga pernah memegang dipercaya di beberapa organisasi koperasi seperti, Ketua Pengawas Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) dan Sekretaris  BKPK DEKOPIN Pusat.
Organisasi KNPI, bagi Agus, bukan hal baru, Agus pernah menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal DPP KNPI periode 2011-2014. Sehingga tak heran jika kini, ia mengemban amanah sebagai Ketua Bidang Koperasi, di organisasi kepemudaan yang lahir dizaman orde baru tersebut.
“Semaksimal mungkin untuk melakukan pengembangan dibidang Koperasi hingga ke daerah bersama DPP KNPI. Kepercayaan yang diberikan sebagai Ketua Bidang Koperasi, tentunya bukan hal baru bagi saya. Bersama tim pemuda yang tangguh, akan memberi kontribusi bagi KNPI kedepan,”ujar Agus, Jumat (22/2/2019).
Dia mengaku, telah memiliki program dalam pengembangan bidang koperasi, Agus merencanakan melakukan peningkatan bidang koperasi minimal tiga ribu, sumber daya manusia (SDM), pemuda penggerak ekonomi kerakyatan. SDM koperasi harus bisa menerapkan prinsip-prinsip dan ideologi berkoperasi dalam mencapai kemandirian ekonomi. .
Agus, menilai banyak potensi yang harus dikembangkan terutama di wilayah, baik melalui bidang pariwisata, UMKM, pertanian, nelayan dan lainnya di setiap pedesaan atau perkotaan. Seperti apa pengembangannya, Ia akan mendorong melalui penyuluhan, pelatihan teknis dengan bersinergi bersama stakeholders yang  peduli terhadap kemandirian ekonomi pemuda. Pemuda harus didorong untuk memanjukan ekonomi daerahnya, memanfaatkan potensi ekonomi daerahnya. Sehingga pemuda bisa menjadi pelopor dan penggerak ekonomi daerah.
Baginya, koperasi tidak asing lagi, dan sudah menjadi bagian dari hidup. Setelah menyelesaikan studi di kampus ternama di Lampung dan meneruskan pendidikan pascasarjana di Universitas Trisakti, Agus tetap menekuni bidang koperasi di tingkat nasional dan berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi masyarakat.
“Sebagai orang yang lahir dan besar dari desa ujung Timur Lampung, tentunya lebih paham apa yang harus dilakukan untuk kemajuan ekonomi desa melalui Koperasi. Banyak potensi yang bisa dikembangkan melalui dorongan Koperasi,” ungkapnya
Lebih jauh dia mengaku, banyak program pemerintah saat ini yang fokus kepada penciptaan lapangan kerja melalui program kewirausahaan, dimana pada minggu lalu  tanggal 12 Februari 2019  DPP KNPI bersilaturahmi dengan Menteri Koperasi dan UKM RI.
“Dalam pertemuan itu,  Menteri Koperasi dan UKM, mengintruksikan DPP KNPI untuk bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pemuda untuk berwirausaha,” pungkasnya, mengingatkan pesan Menteri Koperasi.(RK/zainal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *