Mantan Panglima TNI Perintah, Segera Padamkan Sebelum Bertambah Besar

Moeldoko di dampingi Gubernur Riau Syamsuar, dan Kepala BRG RI, dan Bupati Bengkalis Amir Mukminin, Plt Bupati Siak Alfedri menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat berupa Mesin portebel yang berguna mencegah kebakaran hutan dan lahan Gambut

RiauKepri.com, BENGKALIS – Baru dua hari menjadi Gubernur Riau Syamsuar sudah mendapat tugas mendampingi Kepala Staf Kantor Kepresidenan RI Moeldoko melakukan peninjauan lapangan ke sejumlah daerah di Riau.

Mengenakan helikopter dari Bandar udara SSK Pekanbaru menuju Dumai pada paginya, usai melaksanakan kegiatan RI 13 di dampingi Gubernur Riau siangnya bertolak ke Sabak Auh Siak untuk melihat Sekat Kanal dan di lanjut mantan Panglima TNI itu menuju  Bengkalis mengunakan mobil beserta rombongan.

Menghadiri acara silaturrahmi dan temu bicara serta penyaluran bantuan pangan Rastra 2019 di Desa Sungai Nibung Kecamatan Siak Kecik Kabupaten Bengkalis pada Jum’at Siang (22/2/2019).

Gubernur Riau H Syamsuar saat meninjau sekat kanal di Bandar Sungai Sabak Auh mengatakan, upaya ini di lakukan untuk menjaga lahan gambut di musim kering seperti sekarang agar tetap basah.

Baca Juga :  Terkait Bantuan Ikan Kalengan Berbelatung di Meranti, Ini Distributornya

“Sekat kanal ini di buat gunanya agar gambut tetap basah, dan ini dapat mecegah terjadinya kebakaran lahan gambut secara luas. Yang kita lihat dilakukan oleh kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA),” ungkapnya.

Dirinya, mengapresiasi badan restorasi gambut yang telah banyak berkontribusi di Riau khususnya Siak. Melalui kemitraan lahan gambut di Riau selalin melakukan menyehatkan ekosistem,juga meningkatkan sdm masyarakat melalui pelatihan pemanfaatan hasil hutan di lahan gambut.

Senentara itu Kepala Staf Kantor Kepresidenan RI Moeldoko menyebutkan, tugas kepala staf kepresidenan itu salah satunya adalah mengelola isu strategis. Gambut masuk sebagai isu strategis Dunia.

“Gambut termasuk isu strategis jika kita tidak bisa mengelola isu strategis dengan Baik, maka akan berdampak politik dan ekonomi yang luar biasa,” terangnya.

Baca Juga :  Nazar Suharmanto Memotivasi Syamsuar Bekerja Sepenuh Hati

Dirinya, setelah mendapat laporan dari kepala BRG RI Nazir Foead tentang perkembangan kegiatan restorasi di lapangan seperti apa, karena itu dirinya melakukan kungker.

“Telah terjadi kemajuan yang luar biasa, ada perkembangan positif ini di buktikan setelah kita tidak melihat kabut asap tidak tebal, meskipun masih ada kebakaran,”katanya.

Mantan Panglima TNI era SBY itu juga menjelaskan, berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan di Riau terutama yang saat ini sedang terjadi saat ini di bengkalis.

“Segera padamkan sebelum besar, yang pertama pencegahan secara prefentif. Kedua melihat cuaca panas seperti ini harus ada antisipasi, saya juga sudah melihat dari udara titik apinya, heli sedang bekerja,”terangnya.

Baca Juga :  Bazar Kecil-kecilan di Siak untuk Membesarkan Usaha Kecil

Iaqmenambahkan,  saat dirinya terbang dari Pekanbaru menuju Dumai dan menuju Sabak Auh Siak di sepanjang jalan ia mengamati apa yang terjadi di bawah.

“Sepanjang jalan yang saya lihat itu tanahnya sangat produktif, tidak ada tanah yang terlantar dan tidak ada tanah yang tandus demuanya tertanami ini luar biasa,” tandasnya.

Ini merupakan anugerah dari yang maha kuasa, khusus untuk tanah gambut memerlukan penanganan khusus. Untuk itu di bentuk BRG. Agar gambut yang rusak dapat di Restorasi kembali.

Hadiri pada acara silaturrahmi dan temu bicara serta penyaluran bantuan pangan Rastra 2019 di Desa Sungai Nibung Kecamatan Siak Kecik Kabupaten Bengkalis. (Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *