Syamsuar: Kepala OPD Hanya Boleh Gunakan 1 Mobil Dinas

Mobil dinas Pemprov Riau.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, sudah menginstruksi kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Inspektorat dan BPKAD, serta Satpol PP untuk menginventaris mobil dinas. Tujuannya, mengefisiensikan penggunaan mobil dinas, dan kepala OPD hanya boleh menggunakan satu unit mobil dinas, sementara untuk Sekda Provinsi boleh menggunakan dua unit mobil dinas.

“Setelah dilakukan inventarisasi, mobil dinas tersebut dimasukkan dalam pool mobil dinas. Selanjutnya akan dilakukan lelang sesuai aturan dan peraturan yang ada,” kata Syamsuar kepada wartawan, Rabu (27/2/2019) di kediamannya.

“Kalau sudah dilelang, hasilnya bisa menjadi PAD (Pendapatan Asli Daerah). Pemakaiannya berkurang, pemerintah dapat uang. Pengurangan penggunaan mobil dinas sudah dimulai dari diri saya sendiri dan Edy Nasution,” sambung Syamsuar.

Baca Juga :  Terkait Pembahasan Ulang UMK, Kadin-Apindo Dumai Pasti Hadiri Rapat DPK

Tiga kendaraan dinas yang digunakan Syamsuar menjalankan tugas sebagai kepala daerah ada tiga unit, yaitu jenis sedan (Crown Royale), mvp (Kijang Innova) dan mpv premium (Alphard). Sementara dua unit kendaraan yang tidak digunakan akan ditaruh sebagai kendaraan pool.

“Istri saya juga kalau tidak salah ada 3 unit kendaraan dinas. Tapi yang digunakan hanya 2 unit, yaitu sedan (Altis) dan suv (Fortuner),” kata Syamsuar.

Syamsuar juga menyampaikan, ketika nanti mengerjakan urusan pribadi, ia tetap akan menggunakan kendaraan pribadi miliknya. Dirinya ingin berkomitmen seperti yang dibuat KPK, walaupun belum bisa sepenuhnya berjalan.

Baca Juga :  Memang Mewah, Hadiah Pacu Jalur Menjadi Rp 375 Juta

“Tapi sudah ada tahapan-tahapan kalau kita mengarah kepada hal yang baik. Untuk mencontohkan hal yang baik dari pemimpin. Ya dari kami (Syamsuar – Edy Nasution).

Harapan Syamsuar, mulai sekarang sudah boleh ditertibkan. Dimana setiap Kepala OPD ada menggunakan berapa kendaraan dinas. Sehingga berapa jumlah mobil dari hasil pendataan aset kendaraan dinas, diketahui berapa jumlah kendaraan dinas masing-masing OPD.

“Kendaraan dinas yang ada dimasing-masing OPD akan diketahui ada berapa jumlahnya dan untuk siapa saja penggunaannya. Hal ini harus segera dipersiapkan, masuk dalam program 100 hari kerja kami. Walaupun nantinya tidak 100 persen terlaksana, setidaknya sudah ada pencapaian yang kita lakukan,” jelas Syamsuar.

Baca Juga :  Atasi Kelangkaan, PT Pertamina Pasok 4.500 LPG 3 Kg

Edy Nasution juga melakukan hal yang sama, untuk mobil dinas hanya menggunakan dua unit, yaitu sedan premium (Crown Royale) dan mvp premium (Land Cruiser). Untuk mobil dinas istri Wagubri menggunakan sedan (Altis) dan suv (Kijang Innova). (Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *