BengkalisRiau

Komisi III DPRD Bengkalis dan Dinas Koperasi Berikan Penyuluhan Perkoperasian dan UMKM Kepada Masyarakat

RiauKepri.com, BATHINSOLAPAN – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis Herman, SS.M.Si bersama Komisi III DPRD Bengkalis yang terdiri dari ketua Indrawan Sukmana dan anggota Mus Mulyadi, Rabu (5/3/2019) lalu turun di desa Boncah Mahang Kecamatan Bathin Solapan.

Kehadiran pejabat eksekutif dan legislatif  Bengkalis tersebut untuk memenuhi undangan masyarakat setempat guna memberikan penyuluhan tentang koperasi dan UKM dalam meningkatkan taraf ekonomi kerakyatan di Negeri Junjungan.

Pantauan media ini selain Kepala Diskop UMKM dan Komisi III DPRD Bengkalis, acara dihadiri oleh perangkat desa serta seklitar 200 orang masyarakat yang terdiri dari pengurus koperasi, pelaku UKM  bidang keterampilan, pelaku umkm bidang kuliner, kerajinan, usaha batu bata, dan beberapa pengurus koperasi serta masyarakat yang ingin mendirikan kopoerasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis Herman Achmad

Dalam pengarahannya Kadis Koperasi Herman menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyrakat desa Boncah Mahang Kecamatan Bathin Solapan yang antusias menginisiasi kegiatan tersebut, oleh karena itu Diskop UMKM Bengkalis hadir  mulai dari kepala dinas, kepala bidang (Kabid) beserta  KepalaUPTD Koperasi Kecamatan  Mandau untuk bertemu langsung dengan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Koperasi dan UMKM sangat mengapresiasi inisiasi masyarakat yang berinisiatif melaksanakan kegiatan hari ini. Hal ini membuktikan tumbuhnya kesadaran masyarakat akan penting dan perlunya berkoperasi, sekaligus pemahaman akan manfaat yang akan didapat dengan tumbuhkembangnya di suatu wilayah.” Tutur Herman.

Herman juga menjelaskan bahwa Koperasi adalah suatu organisasi bisnis yang di operasikan secara bersama berdasarkan prinsip-prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berazazkan kepada kekeluargaan. Bertujuan untuk mencapai kepentingan ekonomi bersama dan meningkatkan kesejahteraan bersama anggotanya maupun orang banyak yang membutuhkan.

Masyarakat antusias mendengar penyuluhan dari Komisi III DPRD Bengkalis dan Dinas Koperasi

“Oleh karena itu hal mendasar yang sangat penting dalam upaya memajukan koperasi maupun ukm adalah dengan merekrut anggota yang berkompeten dalam bidangnya. Tidak hanya orang yang sekedar mau menjadi anggota melainkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan dan pengembangan usaha. Contohnya dengan mencari pemimpin yang dapat memimpin dengan baik, kemudian pengelolaan dipegang oleh orang yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Serta perlu dibuat pelatihan bagi pengurus koperasi yang belum berpengalaman.” Pesan Herman panjang lebar.

Baca Juga :  Suami dan Istri di Pekanbaru Ini Simpan Ganja 9,8 Kg di Tumpakan Durian

Apresiasi Koperasi CU Mandau Berkarya

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis Herman, Sabtu (9/2/2019) turun ke kota Duri Kecamatan Mandau untuk menghadiri dua kegiatan perkoperasian, yaitu RAT Koperasi CU Mandau Berkarya dan Penyuluhan Koperasi kepada himpunan Pedagang Pasar Mandau Dalam, dua kegiatan ini berlangsung sukses sesuai dengan yang direncakan.

Ketua Komisi III DPRD Bengkalis Indrawan Sukmana dan Herman jadi narasumber

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis Herman sangat mengapreasiasi  kepada seluruh masyarakat terkhususnya yang ada di Kecamatan Mandau yang mempunyai kesadaran tinggi untuk berkoperasi.

“Kita dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkalis sangat bangga kepada KSP Mandau berkarya yang beranggotakan lebih dari 800 orang, dengan memiliki omset sangat luar biasa yaitu mencapai sekitar 3 Miliar,” ujar Herman

Ditambahkan Herman, Saat ini sektor Koperasi dan UMKM masih dirasakan belum optimal dalam memberikan konstribusi perekonomian di Kabupaten Bengkalis padahal potensi yang ada sangat tinggi, Kondisi inilah yang sedang digiatkan agar Koperasi serta UMKM dapat memberikan sentuhan atau berdampak penting terhadap perekonomian masyarakat kita.

DPRD Bengkalis Siap Bersinergi Perkuat Koperasi dan UMKM

Sementara itu ketua Komisi III DPRD Bengkalis Indrawan Sukamana dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pihkanya siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam pengembangan koperasi maupun UKM yang ada di Negeri Junjungan.

Ketua Komisi III DPRD Bengkalis Indrawan Sukmana

“Komisi III DPRD Bengkalis siap bersinergi dengan Pemkab Bengkalis dalam hal ini dinas koperasi, untuk menunjang sarana dan prasarana agar kegiatan koperasi maupun ukm dapat berjalan efektif. Untuk itu kedepan kita akan bersama merumuskan langkah – langkah yang diperlukan agar koperasi dan ukm di kabupaten Bengkalis ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” kata Indrawan.

Indrawan juga menjelaskan bahwa penyuluhan terhadap masyarakat berfungsi untuk memunculkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya koperasi, guna memacu kepada masyarakat agar mereka tahu betapa pentingnya koperasi untuk kehidupan dalam meningkatkan taraf ekonomi bersama.

Baca Juga :  HNSI dan BNN Concong Sekaligus Dilantik

Ditambahkan Indrawan, Saat ini sektor Koperasi dan UMKM masih dirasakan belum optimal dalam memberikan konstribusi perekonomian di Kabupaten Bengkalis padahal potensi yang ada sangat tinggi, Kondisi inilah yang sedang digiatkan agar Koperasi serta UMKM dapat memberikan sentuhan atau berdampak penting terhadap perekonomian masyarakat kita.

“Berdasarkan data terakhir terdapat lebih dari 300 koperasi yang aktif dan sekitar 40.000 pelaku UMKM di daerah ini, Jika Koperasi dan UMKM ini dalam kondisi sehat, tangguh dan mandiri, tentunya akan memberikan peningkatan taraf ekonomi yang sangat signifikan terhadap masyarakat Kabupaten Bengkalis,” terang pria yang akrab disapa Kandi ini.

Presentasi penyuluhan koperasi

Dikatakannya, DPRD dan Pemkab Bengkalis memberikan dalam rangka mendorong tumbuhnya kelembagaan koperasi yang aktif dan professional dengan usaha yg dapat mensejahterakan anggota koperasi.

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan program pembinaan tersebut secara continue agar Koperasi maupun UMKM bisa benar-benar sehat dan mandiri.

Sesuai dengan arahan Bupati Bengkalis Amril Mukminin untuk meningkatkan keseriusan Dinas Koperasi UKM dalam memberikan pembinaan dan pelayanan maupun pembinaan kepada kelompok masyarakat di seluruh kabupaten Bengkalis

“Sejalan dengan arahan Bupati. Kita sangat memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mempunyai kesadaran tinggi untuk berkoperasi untuk menunjang perekenomian mereka,” tandasnya.

Himpunan Pedagang Pasar Mandau Raya juga Diberikan Penyuluhan

Keinginan dari Himpunan Pedagang Pasar Mandau Raya Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis untuk mendirikan lembaga koperasi tampaknya bak gayung bersambut. Keinginan mereka langsung mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) yang dipimpin Herman.

Minggu (10/3/2019) lalu Kepala Diskop UMKM langsung blusukan ke pasar Duri untuk memberikan penyuluhan dan motivasi kepada sejumlah pedagang yang ingin mendirikan koperasi tersebut. Hadir dalam pertemuan itu Kadis Kop UMKM Bengkalis dan jajaran yang disambut langsung oleh jajaran pengurus Himpunan Pedagang Pasar Mandau Raya.

Baca Juga :  TNI Polri di Riau Kompak Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019
Kepala Diskop UMKM memberikan presentasi

Dalam kesempatan itu Herman memberikan apreasiasi dari Pemkab Bengkalis kepada masyarakat pedagang pasar Mandau Raya yang mempunyai kesadaran tinggi untuk berkoperasi.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis selalu berkomitmen untuk menata dan memperkuat peran koperasi di pasar untuk meningkatkan perekonomian para pedagang di pasar.” ungkap Herman.

Keberadaan koperasi pedagang kata Herman selain efektif untuk mengangkat taraf ekonomi, juga untuk menghindari rentenir.

“Tidak banyak pedagang pasar memanfaatkan koperasi pedagang pasar. Banyak pedagang yang justru lebih memilih (rentenir) dan pada akhirnya terjerat rentenir. Oleh karena itulah kita perlu mendirikan koperasi pedagang yang baik dan sehat,” tambahnya.

Menurur Herman, koperasi pedagang pasar dapat memainkan beberapa peran penting. Koperasi itu dapat berfungsi membuka simpanan dan memberikan pinjaman bagi para pedagang. Koperasi itu juga bisa berperan sebagai penyalur bahan pokok dan pinjaman modal lunak dari pemerintah.

Selain itu dapat pula menjadi jembatan pemasaran produk-produk industri rumah tangga olahan sektor pertanian dan perikanan.

Ketua Komisi III DPRD Bengkalis dan anggota, Kepala Diskop UMKM dan sejumlah pejabat

“Agar dapat berperan seperti itu, koperasi itu harus dikembalikan kepada pengelolaan sesuai dengan prinsip atau asas koperasi. Kelembagaan atau organisasi koppas juga harus dibenahi,” katanya.

Sementara itu ketua himpunan Pedagang Pasar Mandau Raya Guntur mengungkapkan terimakasihnya kepada Kadiskop UMKM Herman dan jajarannya, yang telah berkenan turun ke pasar Duri untuk memberikan motivasi dan penyuluhan kepada pedagang.

“Terimakasih kami ucapkan atas motivasi dan penyuluhan dari jajaran Diskop UMKM Bengkalis. Saat ini anggota awal himpunan kita yang ingin mendirikan koperasi pedagang lebih dari 70 orang.” ujar Guntur. (Adv/Erw)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *