PekanbaruRiau

Begini Cara Gubri Mengatasi Kendala yang Dihadapi UMKM

RiauKepru.com, PEKANBARU- Ini cara Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, dalam menyelesailan persoalan yang dihadapi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Riau, dengan menyiapkan Forum Riau Kreatif sehingga pemerintah bisa mendampingi usaha masyarakat.

“Industri ekonomi kreatif banyak di Riau ini. Makanya kita siapkan Forum Riau Kreatif,” kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar kepada wartawan, Sabtu (16/3/2019).

Dari forum itu, sambung Syamsuar, diharapkan para UMKM di Riau dapat berkumpul, sehingga pemerintah bisa membantu mereka jika usahanya mengalami kendala. Sebab, sejauh ini masalah pengembangan UMKM Riau pertama soal packaging (kemasan) produk yang dinilai kurang menarik, sehingga menurunkan nilai jual.

“Kedua soal lebel halal dan ketiga masalah kadaluarsa. Jadi semua ini melibatkan dinas-dinas terkait, makanya semua harus mensuport,” ungkap Syamsuar.

Persoalan lain yang kerab dihadapi para UMK adalah segi permodalan dan akses untuk pemasaran produk UMKM. Misalnya, jelas Syamsuar, masyarakat yang membuat hasil kerajinan lidi kelapa sawit, mereka kesulitan memasarkan.

“Inikan sebenarnya peran pemerintah untuk membantu mereka, bagaimana produk yang dihasilkan UMKM dapat dipasarkan dengan baik,” ucap Syamsuar. (RK1/*)

Baca Juga :  Investor Jepang Siap Jadikan Cangkang Sawit Bernilai Ekonomis, Lapangan Kerja Terbuka
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *