Ikuti Pagelaran Harvesing Gernas BBI dan BBWI Riau 2023, Nasabah BRK Syariah Terima Pembiayaan KUR Rp 100 Juta

RiauKepri.com, PEKANBARU – Sebanyak delapan nasabah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bank Riau Kepri Syariah ikut berpartisipasi pada pagelaran Harvesting Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI dan BBWI) Riau 2023, yang digelar di halaman Kantor Gubernur Riau selama tiga hari, Jumat, 28 – Minggu, 30 Juli 2023.

Pemimpin Bagian MKM BRK Syariah, Jon Hendri mengatakan delapan nasabah UMKM BRK Syariah yang ikut tersebut diantaranya dari UMKM makan kering seperti kue kering, keripik, salai dan lainnya, UMKM makanan basah dan minuman serta UMKM dibidang fashion seperti baju, konveksi, tenun, batik dan lain sebagainya. BRK Syariah juga menyediakan souvenir menarik kepada masyarakat yang datang berbelanja dengan kelipatan tertentu di stand MKM Mitra Binaan.

“Usai pembukaan oleh Gubernur Riau, kita dari BRK Syariah juga ada menyerahkan pembiayaan KUR kepada UMKM Fhitry Hijab senilai Rp 100 juta dan pembiayaan KUR untuk UMKM Bono Tanjak senilai Rp 10 juta. Stand UMKM nasabah BRK Syariah ini juga dikunjungi oleh Komisaris Utama BRK Syariah Syahrial Abdi, Direktur Operasional Said Syamsuri, Ketua OJK Wilayah Riau, Muhammad Lutfi,” kata Jon Hendri di sela kegiatan.

Baca Juga :  Bupati Irwan Serahkan Bantuan Zakat CD di Desa Beting

Sementara itu, Direktur Operasional BRK Syariah, Said Syamsuri menyebutkan, BRK Syariah sangat mendukung Gernas BBI dan BBWI Riau 2023. Seluruh rangkaian kegiatan Gernas BBI dan BBWI selalu diikuti oleh BRK Syariah dengan melibatkan pelaku UMKM yang merupakan nasabah BRK Syariah.

“Bank Riau Kepri Syariah siap mendukung pembiayaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi domestik dengan mengajak pelaku UMKM. Harvesting BBI dan BBWI Riau 2023, menjadi bagian penting dan tak terpisahkan untuk mendorong penguatan produk dalam negeri dan pariwisata, sekaligus mempercepat perputaran ekonomi lokal, memperbaiki daya beli masyarakat serta kebangkitan ekonomi pasca pandemi,” kata Said Syamsuri.

Baca Juga :  Lewat Pembiayaan MKM BRK Syariah, Usaha Perkebunan Warga Bintan Ini Berkembang Hingga Mencapai 20 Hektar

Acara yang dibuka dengan ditandai pemukulan kompang oleh Ketua dewan komisioner OJK, Mahendra Siregar, Gubernur Riau, Syamsuar, Deputi Gubernur Bi, Juda Agung, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Oddo Manuhutu, serta perwakilan unsur Forkopimda di lingkungan Provinsi Riau itu merupakan suatu wadah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan untuk memperkenalkan sektor pariwisata di Riau.

“Kami juga mengungkapkan rasa bangganya atas terpilihnya Riau sebagai sala satu tuan rumah BBI-BBWI diantara 9 provinsi lainnya. Prestasi UMKM melalui biro pengadaan barang dan jasa di Riau sampai dengan Juli 2023, mampu meraup pendapatan sebanyak Rp 47 Miliar. Sementara melalui BBWI, mampu meraup pendapatan sebesar Rp 18 Miliar hingga Juli 2023,” kata Syamsuar.

Baca Juga :  Tindaklanjuti Rencana Pembangunan Ikon Dumai Melalui CSR, Ini yang Dilakukan PT Pelindo Dumai

Mantan Bupati Siak dua periode itu juga mengatakan, dalam pengembangan ekonomi kreatif, pihaknya telah melakukan pembinaan kualitas ekonomi kreatif, branding, serta melakukan optimalisasi Badan Riau creative Network.

“Begitu banyak ekonomi kreatif Riau yang menembus pasar nasional maupun internasional, antara lain Durian, kopi Liberika, rotan, tanjak. Kemudian, pemusik Riau yaitu Riau Rhythm juga sudah mendua ini, lalu ada designer muda kita, Irvan Asmara yang akan mewakili Indonesia di Paris, Perancis,” imbuhnya.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *