Kambing Buat Resah Warga Pakning

Kasi Trantib : Langgar Ketertiban Umum Pemilik Kambing Bisa Dipidana

RiauKepri.com, SUNGAIPAKNING – Warga Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis mendesak Satpol PP untuk menangkap kambing yang berkeliaran di pekarangan pemukiman maupun jalan raya.

Hal itu seperti yang disampaikan Hamdi salah seorang warga Desa Pakning Asal kepada media ini, menurutnya puluhan ekor kambing setiap hari berkeliaran semakin meresahkan warga.

“Pemilik kambing di Pakning Asal ini membiarkan kambingnya lepas siang malam, berkeliaran memakan tanaman warga mulai dari bunga, tanaman sayur – sayuran dan lainnya. Bahkan kambing itu tiap malam tidur di teras – teras rumah warga dan meninggalkan bau busuk, ini tak bisa didiamkan lagi, pemiliknya sudah keterlaluan,” kesal Hamdi, Rabu (20/3/2019).

Baca Juga :  "Hikayat Suara-Suara"; Gelombang Peristiwa Menghantarkan Bermusim Makna

Hal senada disampaikan Warga Pakning Asal lainnya Abdul Wahab, dia meminta Satpol PP melakukan penangkapan terhadap kambing yang berkeliaran itu, dan memberi sanksi kepada pemiliknya.

“Kalau mereka membiarkan kambingnya memakan tanaman warga, sama saja mereka memelihara ternak haram, itu sama artinya pemilik kambing mencuri milik warga lain tanpa hak. Satpol PP harus segera menangkapnya sebelum timbul konflik antar warga,” pungkas Wahab.

Sementara itu Kasi Trantib Kecamatan Bukit Batu Nicky Hotman ketika dimintai tanggapannya mengatakan segera menindallanjutinya melalui masing – masing Pemerintah Desa.

Baca Juga :  Pemko Dumai Gelar Pelatihan Kerja, Fadhly: Sasaran Masyarakat Kurang Mampu

Menurut Nicky pemilik kambing yang membiarkan kambingnya berkeliaran dan tidak dikandang bisa dituntut pidana dan kurungan, jika ada warga yang melaporkannya ke polisi.

“Pemilik kambing yang lalai bisa dipidana karena mengganggu ketertiban umum. Kita akan segera menindaklanjutinya, dan kepada Pemerintah Desa Pakning Asal diharapkan untuk membuat Perdes tentang ketertiban umum termasuk untuk menertibkan kambing berkeliaran tersebut,” tutur Nicky. (RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *